Isu Kiamat suku maya 21/12/2012


Isu Kiamat Tahun 2012 yang Meresahkan

kiamat-1

Di internet saat ini tengah dibanjiri tulisan yang membahas prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012.

Pada manuskrip peninggalan suku yang dikenal menguasai ilmu falak dan sistem penanggalan ini, disebutkan pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.

Di luar ramalan suku Maya yang belum diketahui dasar perhitungannya, menurut Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tedjasukmana, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975.

Dijelaskan, Sri Kaloka, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan, badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. “Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti,” ujar Sri.

Langkah antisipatif

Dari Matahari, miliaran partikel elektron sampai ke lapisan ionosfer Bumi dalam waktu empat hari, jelas Jiyo Harjosuwito, Kepala Kelompok Peneliti Ionosfer dan Propagasi Gelombang Radio. Dampak dari serbuan partikel elektron itu di kutub magnet Bumi berlangsung selama beberapa hari. Selama waktu itu dapat dilakukan langkah antisipatif untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Mengantisipasi munculnya badai antariksa itu, lanjut Bambang, Lapan tengah membangun pusat sistem pemantau cuaca antariksa terpadu di Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan Bandung. Obyek yang dipantau antara lain lapisan ionosfer dan geomagnetik, serta gelombang radio. Sistem ini akan beroperasi penuh pada Januari 2009 mendatang.

Langkah antisipatif yang telah dilakukan Lapan adalah menghubungi pihak-pihak yang mungkin akan terkena dampak dari munculnya badai antariksa, yaitu Dephankam, TNI, Dephub, PLN, dan Depkominfo, serta pemerintah daerah. Saat ini pelatihan bagi aparat pemda yang mengoperasikan radio HF telah dilakukan sejak lama, kini telah ada sekitar 500 orang yang terlatih menghadapi gangguan sinyal radio.

Bambang mengimbau PLN agar melakukan langkah antisipatif dengan melakukan pemadaman sistem kelistrikan agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk. Untuk itu, sosialisasi harus dilakukan pada masyarakat bila langkah itu akan diambil.

Selain itu, penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi hendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang.

Perubahan densitas elektron akibat cuaca antariksa, jelas peneliti dari PPSA Lapan, Effendi, dapat mengubah kecepatan gelombang radio ketika melewati ionosfer sehingga menimbulkan delai propagasi pada sinyal GPS.

Perubahan ini mengakibatkan penyimpangan pada penentuan jarak dan posisi. Selain itu, komponen mikroelektronika pada satelit navigasi dan komunikasi akan mengalami kerusakan sehingga mengalami percepatan masa pakai, sehingga bisa tak berfungsi lagi.

Saat ini Lapan telah mengembangkan pemodelan perencanaan penggunaan frekuensi untuk menghadapi gangguan tersebut untuk komunikasi radio HF. “Saat ini tengah dipersiapkan pemodelan yang sama untuk bidang navigasi,” tutur Bambang.

2012, Masa Paling Sakral dan Berbahaya?

Heboh ramalan tahun 2012 sudah berlangsung lama, tetapi baru meluas sekitar 10 tahun terakhir. Penelitian tentang hal itu dilakukan banyak ahli dari berbagai bidang ilmu dan puluhan buku sudah diterbitkan.

Observasi astronomi sangat akurat selama berabad-abad para astronom genius Maya memberi pertanda, tanggal 21/12/2012 akan menjadi kelahiran zaman baru. Masa itu paling sakral sekaligus paling berbahaya dalam sejarah Bumi.

Menurut Laurence E Joseph dalam Apocalypse 2012, tanggal 21/12/2012 merupakan titik balik musim dingin tahunan ketika belahan Utara Bumi berada di titik terjauh dari Matahari sehingga siang sangat pendek.

Pada tanggal itu, tata surya dengan Matahari sebagai pusatnya, seperti diyakini bangsa Maya, akan menutupi pemandangan pusat Bimasakti dari Bumi. Para astronom Maya Kuno menganggap titik pusat ini sebagai rahim Bimasakti. Keyakinan itu didukung banyak pembuktian para astronom kontemporer bahwa di situlah tempat terciptanya bintang-bintang galaksi.

Saat ini, sejumlah lembaga penelitian ilmiah mengenai atmosfer, ruang angkasa, dan teknologi di Barat menduga ada lubang hitam tepat di pusat itu yang menyedot massa, energi, dan waktu, yang menjadi bahan baku penciptaan bintang masa depan.

Untuk pertama kalinya dalam 26.000 tahun, energi yang mengalir ke Bumi dari titik pusat Bimasakti akan sangat terganggu pada 21/12/2012, tepatnya pukul 11.11 malam. Semua itu disebabkan guncangan kecil pada rotasi Bumi.

Bangsa Maya yakin, sesingkat apa pun terputusnya pancaran dari pusat galaksi akan merusak keseimbangan mekanisme vital Bumi dan tubuh semua makhluk, termasuk manusia.

Memaknai ramalan

Ada yang menginterpretasikan 21/12/2012 sebagai “kiamat”, tetapi banyak pula yang memaknainya secara kontemplatif.

Pakar psikologi transpersonal dari AS, Dr Beth Hedva, yang ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu, mengibaratkan Ibu Bumi sudah sangat dekat waktunya melahirkan. Proses kelahiran tak hanya diiringi darah dan penderitaan, tetapi juga harapan dan janji.

“Selalu terjadi kontraksi,” ujar Beth Hedva. Wujudnya perang, kekejian, dan bencana akibat penghancuran lingkungan dan perusakan atmosfer Bumi-dampak kebencian dan keserakahan manusia-serta bencana yang disebabkan faktor manusia dan nonmanusia.

Dalam antologi The Mystery 2012: Predictions, Prophecies & Possibilities (2007), ahli sistem komputer untuk ruang angkasa yang menjembatani ilmu pengetahuan dan spiritualitas, Gregg Braden, menyatakan, yang terpenting bukan apa yang akan terjadi, tetapi bagaimana potensi kolektif muncul dari pemahaman holistik dan kesadaran tentang siapa diri kita di tengah Semesta Raya.

Ahli fisika biologi dan ahli kanker pada Organisasi Kesehatan Dunia, Carl Johan Calleman, peneliti Kalender Maya, mengingatkan pada transformasi kesadaran manusia.

Robert K Stiler, Direktur Program Kajian Amerika Latin Universitas Stetson di DeLand, Florida, AS, menambahkan, “Apa pun maknanya, bangsa Maya mengajak kita merengkuh hidup berkualitas dan kesehatan planet Bumi.”

Tahun 2012 adalah tahun berjaga dengan menyadari teknologi saja tak menjamin keberlangsungan Bumi. Begitu diingatkan José Argüelles, PhD, ahli Kalender Maya dan pakar sejarah seni dan estetika dari Universitas Chicago.

“Kalau kita tidak berjaga, planet Bumi akan hancur secara alamiah karena sekarang sudah jauh dari seimbang,” ia menambahkan. “Pikiran manusia secara massal dikontrol dan dimanipulasi pemerintah dan institusi-institusi yang menjadi faktor kunci kehidupan modern.”

Christine Page, dokter medis, ahli homeopati dan kesehatan holistik, menjelaskan, tanggapan pada zaman baru sangat tergantung pada kemampuan memahami kesalingterkaitan dan menghargai Ibu Bumi. “Alam dan semua makhluk hidup di Bumi adalah bagian diri kita yang harus diperlakukan penuh martabat, penghargaan, dan cinta,” ujarnya.

Kalender Kuno Maya Ramalkan Kejadian Besar 2012

maya

Kalender suci bangsa Maya atau Tzolkin adalah pintu memasuki pemikiran suatu peradaban sangat maju di dunia Barat sebelum kedatangan bangsa-bangsa Eropa. Para ahli meyakini, astronomi Maya Kuno adalah pencapaian intelektual yang menakjubkan, setara dengan geometri Mesir Kuno dan filosofi Yunani.

Banyak orang percaya, kalender berusia 2.000 tahun itu lebih akurat dibandingkan kalender Gregorian yang digunakan sejak tahun 1582.

Bangsa Maya Kuno hidup pada awal milenium pertama sesudah Masehi di wilayah Mesoamerika, yang membentang dari Meksiko Utara ke Honduras, di utara Semenanjung Yucatan. Penduduknya berjumlah 5 juta sampai 14 juta orang, bermukim di kota-kota yang kini dikenal sebagai Meksiko Selatan, Guatemala, dan Belize.

Dalam The Mayan Calendar and the Transformation of Consciousness (2004), Carl Johan Calleman PhD menulis, selain kebudayaan yang tinggi di bidang seni dan arsitektur yang ditemukan di kawasan-kawasan piramida, seperti Palenque, Tikal, Copán, dan Chitchén Itzá, bangsa Maya Kuno sangat dikenal kemampuannya dalam ilmu astronomi dan matematika. Bangsa inilah yang pertama menggunakan angka nol (0).

Bangsa Maya Kuno terobsesi pada waktu. Menurut Lawrence E Joseph dalam Apocalypse 2012 (2007), mereka menciptakan sedikitnya 20 kalender, disesuaikan dengan berbagai siklus, mulai dari kehamilan hingga panen, bulan hingga Venus. Penghitungan orbitnya sangat akurat dengan selisih hanya satu hari setiap 1.000 tahun.

Reruntuhan kota-kota mereka, menurut Jared Diamond dalam Collapse: How Societies Choose to Fail or Survive (2005), baru ditemukan tahun 1839 oleh ahli hukum dari Amerika Serikat, John Stephens, bersama juru gambar asal Inggris, Frederick Catherwood. Eksplorasi itu menemukan 44 kota dan tempat.

Terobsesi siklus

Yang terpenting bagi masyarakat Maya Kuno adalah etos kosmis. Kedamaian berarti sikap harmoni dengan gerakan abadi alam semesta. Akibat terpaku pada siklus, mereka tidak menyadari perubahan di sekitar mereka.

Hal ini mungkin menjelaskan keambrukan bangsa itu. Meski ada yang meyakini mereka moksa, Jared Diamond secara metodologis menjelaskan, penyebabnya adalah hancurnya daya dukung lingkungan karena bertani dan membabat hutan secara berlebihan, serta pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi.

Pandangan itu dikonfirmasi penelitian Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang menemukan serbuk sari terperangkap dalam sedimen berusia 1.200 tahun-menjelang keruntuhan peradaban Maya-di sekitar wilayah Tikal. Itu pertanda deforestasi masif; pepohonan lenyap, tinggal rumput.

Penyebab lain adalah perang terus-menerus memperebutkan kekuasaan dan sumber daya alam. Kurang dari satu abad, jumlah penduduk berkurang 80-90 persen. Menurut Diamond, perhatian para pemimpin saat itu tampaknya berpusat pada masalah jangka pendek. Mereka serakah, gila kuasa, dan menindas.

Namun, keruntuhan dramatis itu tidak menihilkan kearifan bangsa Maya Kuno, khususnya tentang ramalan bencana yang belum tertandingi. Penyerbuan Spanyol atas perintah Roma tahun 1519 sudah diramalkan dengan bantuan bintang-bintang di angkasa.

Ramalan itu menyelamatkan teks-teks kuno-yang masih disimpan para tetua di pedalaman-di antara ribuan teks yang dibakar penjajah dan empat buku tentang Kalender Maya yang kemudian ditemukan di Eropa.

Sekarang Kalender Maya meramalkan kejadian di dunia pada 21/12/2012! (MH)

Sumber: Kompas.com

360 thoughts on “Isu Kiamat suku maya 21/12/2012

    1. aghyl

      guA seRahin Aja Sma yg kuasa… pemikiran manusia tak dapat menandingi kekuasaan ALLah SWT….. masa kta Ud di Atur SebeLum terjd yg nmx kehidupan.. BAik itu kalender,ramalan, maupun penelitian tak akan bS mempengaruhi kepercayaAnku yg berdasarkan aL-Qur’an bahwa tak ad yg bs mengetahui hari kiamat seLain aLLah SWT.

      Reply
      1. tamtam

        gw setuju dengan pendapat ini .
        ga ada yang tau kpn bencana besar,kecil, ato pun kiamat . semua rahasia ALLAH . .

        Reply
      2. renceni

        manusia klo sudah yakin dengan satu hal,biar salah (dibuktiin secara ilmiah) sampai mati dia tetep yakin dengan keyakinannya itu

        Reply
      1. Syafira

        HmmmmmM………..
        BeNerAn YuAch KiAmAt UdAh DeKat,,,,,,!!!!!!!!!!!
        BeRbUaTlAh AmAlaN YanG Baik DaN jAuhi Yang BuruK Dan JikA Ada SaLah sama orang tua segeralah meminta maaf dan BERTAUBATLAH……….!!!!!!!!

        Reply
        1. TYRTA

          WOI ITU KAN CUMA FIL YA KITA JGN JGN TERLALU PERCAYA PERCAYA PADA YANG M,AHA KUASA(red ALLAH) DAN BANYAK BRDOA AGAR NEGERI KITA SELAMT DAN DI JAUHI DARI BENCANA TAPI DALAM RUKUN IMAN KITA HARUS PERCAYA DENGAN DATANGNYA HARI KIANAT JADI YA JALANI AJA YANG ADA THANKS

          Reply
      2. indra

        gw Cma PCya ma ALLah aj .
        HNya ALLAH yg BS TNTUKAN kiamat it tiba ,,, kt SBGAI umat nya , perbnyak lah amal ibdah ……

        Reply
    2. aeL

      hahaa.. gitu aja kok repot. tinggal iman kita sama yang maha kuasa. dengan beramal baik, tidak melakukan dosa, rajin ibadah, maka matipun kita nanti sebelum ato sesudah ato pas tanggal tsb(21des12) pasti akan masuk surga. amen.

      Reply
  1. gehu

    saya mah hanya percaya ama yang diatas aja yaitu Allah SWT and kita mah yang manentukan nasib bukan suku maya tapi Allah sang pencipta alam ini. kita juga jangan hanya nyantai-nyantai aja kita harus banyak beramal dan beribadah kejadian akan datang kapan saja dan dimana saja. oke cuy……………………………………………………………..

    Reply
    1. emalia

      sip… i like it…
      just ALLAH SWT, yang tau kiamat,,,
      semua yang ALLAH tentukan untuk makhlukNya adalah yang terbaik untuk makhlukNya…

      Reply
      1. arif

        betul gw setuju hanya allah SWT yg tau dan yg pasti hari jum’at datengnya kiamat, tapi ga ada salah nya hal seperti itu kita persiapkan dari sekarang agar diri kita lebih bertaqwa sebagai maotivasi aja kepada ALLAH SWT

        Reply
        1. AdDy

          lo taw juga ga…
          suku maya memprediksikan bahwa 2012 ada kejadian yg serupa kiamat…
          kerajaan majapahit aja membuad peta gunung lumpur yg berada di pulau jawa…
          lo taw ga…
          dulu mana ada komputer
          nah sekarang…
          mereka lebih pinter dari kita…
          mending lo inget ma leluhur lo…
          leluhur lo lebih pinter dari orang laen yg lo fans in
          lo inget asal2 lo dulu…

          Reply
        2. adek

          Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa maw memaafkan umatnya yang sdh jauh dijalur kebenaran Dharmanya….
          Om Awignam Astu.

          seharusnya kita yang diciptakan-Nya sadar dari lahir qta mesti dekat dan bertaqwa pada-Nya, bukan pada saat maw ada masalah atau kiamat aja baru berserah.
          manusia memang serakah, dan itu contoh kecil kiamat di Bhuana alit yang memungkinkan kiamat pada bhuana agung.

          Reply
      2. AdDy

        lo taw ga ..
        waktu zaman dinosaurus aja…
        buaya,komodo,dan paus bisa bertahan hidup
        makana nonton to 2012
        to baru keren…
        kemungkinan bisa kayag begitu…
        akan hanya tersisa manusia2 yg mampu bertahan hidup…
        maw berusaha,maw berjuang untuk hidup…
        thankz

        Reply
  2. budi

    ramlan hari kiamat?????? kalau reverensi dari Alqur’an saya percaya itu cuma isu bukan teori lagian teori belumtentu benar.teori yang sudah terbukti dalam ilmu pengetahuan modren pun harus merujuk pada Alqura’an. dijamin tidak ada pertentangan.key

    Reply
    1. setiawangonzales

      gue sih percaya ame yg diatas soalx yg diatas yg lebih tau……jd kita g blh mendahului keputusan yg allah sudah tentukan….

      Reply
  3. Sa'ad Tsabit

    Ass.wr.wb.

    21-12-2012 itu bukan qiamah (as-sa’ah)
    melainkan adalah kehancuran dan tenggelamnya benua Amerika.
    Suku Maya itu kan memang penduduk asli benua Amerika.
    Dalam hadits Rosululloh saw. ditegaskan bahwa negeri barat itu akan tenggelam lebih dahulu dibandingkan dengan negeri timur. Pasca tenggelamnya itu akan menimbulkan asap (dukhon, QS. 44) tebal yang menutupi langitnya.
    Peristiwa tsb mengawali serangkaian moment menuju qiamah.
    Dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa besar lainnya, yang akan membuat manusia bertanya, “Maa laha?” (Ada apakah gerangan?)
    Salah satu yang paling ditakuti oleh Amerika adalah Peristiwa Armagedon.
    Armagedon itu bukanlah asteroid yang akan menghantam bumi sebagaimana dalam kisah filmnya. Namun armagedon dalam makna yang sesungguhnya adalah Perang Akhir Zaman. Dimana Amerika cs. (sekuleris) akan porak poranda, hancur luluh-lantah. Perang berkepanjangan hingga semua teknologi dan persenjataan ikut musnah di dalamnya. Akhirnya manusia akan bertempur dengan apa yang ada di sekitarnya sebagai senjata, atau bahkan dengan tangan kosong. Seperti layaknya babad pertempuran zaman dahulu kala..
    Islam unggul dalam Armagedon, karena memiliki Mujahid & Mujahidah yang benar-benar militan.
    Namun pasca itu Islam akan dibuat morat-marit oleh perlawan sengit dari kaum Ras Kuning (ideologi Komunis, spt China, Rusia, Korea, dsb), pertempuran babak kedua ini akan berlangsung lebih lama dan menguras seluruh keringat dan darah.
    Hingga dengan Kekuasaan-Nya Allah SWT menganugerahkan kemenangan bagi para hamba-Nya yang shabar dan ikhlash.

    Wallohu ‘Alamu.
    Wass.wr.wb.

    Reply
    1. alkern

      masa sih?
      menurut saya perang armagedon adalah perang yaitu umat manusia,malaikat,iblis,dan menanglah allah dan malikat-malikatnya.tapi itu setahu saya ya.

      Reply
    2. afix

      gak nyambung banget.. aya aya wae…
      yang bener manusia akan mengalami suatu peristiwa yang bener bener kacau.. perekonomian satu,mata uang satu,kebangsaan satu,agama satu.. budaya satu.. semuanya akan jadi satu… dan tiba saatnya.. iblis dan orang2 yg tidak percaya Dia… akan masuk ke dalam neraka yaitu maut.. namun bagi umatNya yang bertahan… akan hidup damai bersama sama dengan Dia.. dan masuk dalam kerajaanNya… tunggu aja waktunya…

      Reply
  4. Ryanta Diaz

    Wduh tgl 21 Desember 2012 bkal kiamat?
    pdahal tgl 27 desember 2012 ak ulang tahun!
    sya mohon kpd yg bwt isu ttg kiamat sebaiknya diundur dlu tgl
    kiamatnya jd tgl 32 Desember 9999.
    kan sya ingin kawin&pny anak dlu gt

    Reply
    1. dhe2

      Gw Blon Pernah Yang Ngerasaiin Surga Dunia, Apakah nanti Gw bakalan Masuk neraka Apa Masuk surga Dunia, tapi sie Kata Orang2 Alat kelamin Perempuan Tuh Surga dunia?

      Reply
  5. Juwita

    weh weh weh…
    kyaknya 2012 emg bkal da bencana deh… coz udah banyak bukti2nya..jdi bkn cuma ramalan
    nenek tmnku da yg bisa ngramal, ktanya, kakbah ntar bakal di indonesia, bkn di arab lagi, brarti mgkin ntar akn ada gempa… wuih… gk tau y… q jg gak pengen percaya ma ramaln
    😀

    Reply
    1. bolot

      wehh enag dong kalo kakbah pindah ke indonesi
      jadi kalo mau haji dan umroh gag perlu biaya mahal =D

      Reply
    2. priecca

      hebat amat kabah da indonesia. dapet ilham dari mana bisa ramalin itu. kabah nya terbang ya? kebawa tsunami? kalo gempa harus berapa ricter tuk bisa ampe cinie?

      Reply
  6. Adeq

    Askum..
    Pertama dan untuk selamanya, marilah kita merafak sembah pada allah swt yang telah menjadikan kita sebagai hamba dan khalifah di atas bumi ini.. Hanya pada allah kita dicipta dan hanya pada allah kita dimatikan.. Kita milik allah swt.. Hanya padanya kita berserah.. Aku ingin berkongsi pendapat dan pandangan.. Pendapat ku sesungguhnya kiamat itu urusan allah, tidak ada seorang manusia pun atau kalifah atau bangsa atau keturunan mahupun suku kaum mana sekali pun yang dapat mengetahui dan meramalkan akan berlakunya hari kiamat.. Hanya pada allah swt kita beriman dan oleh itu kita beriman pada hari kimat serta beriman pada qadak dan kadarnya.. Kita tidak mampu untuk berfikir dan memikirkan bila dan bagaimana kiamat itu akan terjadi kerana akal fikiran yang allah ciptakan untuk kita ini adalah terbatas untuk memeikirkan pekara ghaib.. Pandangan ku pula terpulanglah pada diri masing masing, orang yang kuat imannya akan sentiasa mengingat Allah swt penciptanya dan kembali kepada al-Quran sebagai panduan hidup.. Allah itu maha besar..

    Reply
  7. Ki Paknesena

    Perbanyak mengucapkan kalimah laa ilaha illallah muhammadurrasuulullah.
    Insya allah ini akan mempertebal iman kita.

    Subkhaanallahu wal khamdulillah walaa ilaaha illa allah

    Reply
    1. kadri

      bener,,,
      jgn trlALU brfikirn kiamat trus, nnti kita yg bklan mati dluan sblum kiamat tiba, gara2 mikirin kiamat

      Reply
  8. ijen

    yang terpenting kita bahagia,,,
    kapan pun kiamat,,,,

    jangan sok taat pada *****, tp klo msh suka menyakiti orng lain,,,!!!
    jangan katakan ajaran ***** paling bagus, klo dalam hati kecil mu msh sedih dan menagis,,!!

    ,,
    ,

    Reply
    1. dodol

      komentar gini yg suka mancing2, sok bersih tapi dibaliknya goosong banget, ngomong jangan nyakiti ya ellu *****,***** parah dech!!

      Reply
  9. yanzryan

    ya allah,,,
    hidup dan mati tuw di tangan tuhan ..
    begitu juga dengan kiamat………………….

    Reply
  10. Adi

    Assalamualaikum wr wb…

    Menurut saya ramalan itu tidak benar dan hanya Allah yang mengetahui masa depan dan masalah ghaib, kita hanya bisa merencanakan segala sesuatu untuk masa depan kita dan hanya Allah lah yang bisa mewujudkan-Nya.

    Wasalam ..

    Reply
    1. Abie

      sebetulnya ramalan itu muncul sebagai pengingat kita supaya siap2, terlepas nanti benar pa tidak!! tapi ga’ ada salahnya kan siap2!!

      Reply
      1. moh.imam rafli

        Ass.WR WB
        saya setuju dgn semua penjelasan bahwa kiamat itu tidak bs ditentukan oleh manusia, karna manusia mahluk yg berdosa.
        dan perlu kita ingat bahwa kimat TIDAK akan terjadi selama kita masih bisa menyebut nama ALLAH SWT.

        By:.Moh.Imam.Rafli Samarinda
        Wss.WR WB

        Reply
      2. moh.imam rafli

        Ass.WR WB

        saya setuju dgn semua penjelasan bahwa kiamat itu tidak bs ditentukan oleh manusia, karna manusia mahluk yg berdosa.
        dan perlu kita ingat bahwa kiamat TIDAK akan terjadi selama kita masih bisa menyebut nama ALLAH SWT.
        Dan kita sebagai manusia hanya bisa mengambil HIKMAH dibalik ramalan banga Maya itu

        By:.Moh.Imam.Rafli Samarinda
        Wss.WR WB

        Reply
  11. ekky

    iia..
    menurut saya jg begitu..
    yg menentukan aLLah…
    masa depan kita hanya di tentuka oLeh aLLah…

    Reply
  12. rahmad

    he . . . siapa aja yang percaya
    kamu di pengaruhi kamu musyrik , ga boleh loh dahuluin tuhan / allah yang maha esa . jangan sok tau emangnya kamu anaknya allah , jangan gertak semua orang juga tau ada tuhan di atas ngapai nurutin ramalan yang ga jelas . DASAR SOK TAU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
    1. Abie

      eh men!! emang siapa yang bisa MENDAHULUI TUHAN?, bukan sok tahu, akan tetapi justru mereka itulah yang mencoba memahami ayat-ayat yang nyata!!, BILANG AJA LO TAKUT!! TIDAK SIAP!!! mending siapin aja dari sekarang!!

      Reply
      1. dhe2

        Ya tuhaaann, Dosa Gw banyak Banget Nih Nga cukup waktunya Untuk Bertobat Undurin 1 Tahun Lagi ke Tuhaaann,,!!

        Reply
  13. icha

    ahh…
    kalo aku mana percaya ama yg begituan
    eh,,hidup dan mati kita diatur sama TUHAN…
    bukan sama yang namanya ramalan….
    semua itu BULLSSYYIITT….
    udah,jangan percaya,serahin smuanya sama TUHAN n BAnyak BERDOA….

    Reply
    1. Abie

      Banyak orang ga’ negrti ya, kalau ramalan itu juga bagian dari peringatan Tuhan, supaya siap2!! terlepas dari apakah benar atau tidak!! ga’ ada salahnya kan siap2!! dari pada kejadian betul ga’ ada kesiapn!!

      Reply
  14. arman

    hm…tuhan tuh mngkin dah ktawa ngliht tngkah2 hmbax…jngan dahuluin tuhan deh…. imam klo shalat aja ng bleh d dhuluin..apa lg Allah SWT…!! tp ju2r sih.. tgang jga gw dgr ni opini..

    Reply
  15. erino agafta

    percaya g’percaya sch,,,,
    klo mnrut gw itu semua adalah “Peringatan dr Allah SWT, bahwa segeralah BERTOBAT!!!”
    trgntung dr kita msng2,,,
    kiamat jg udh kliatan kok, n’penybabnya dari manusia itu sendiri,,,

    Reply
  16. celestial N

    yg akan terjadi adalah perang.
    banyak muncul terorisme dan bencana politik yg membumihanguskan manusia itu sendiri.

    Reply
  17. synyster

    lebih enak buka fb,fs,fun book trus maen RF,crazy kart,idol street,ayo dance,poin blank dari pada mikirin kiamat tambah pusing mendingan tobat dulu sekarang.
    nih pertanyaan:
    siapa yg menyebabkan kiamat?????

    jawab:
    Ki Amat…………….hahahaha

    Reply
  18. normanzx

    ahhh…namanya juga manusia.. ada aja yang diomongin.Itulah yang bikin diri kita nih ancur sndiri…..Menurut saya,peramal itu adalah orang yang sok tahu tentang kejadian masa depan.Makanya saya benci ramalan atau semacamnya.Yang penting kita tetap rajin beribadah dan jauhi laragan-larangannya insyaallah allah akan memudahkan kita.

    Reply
  19. Kakek azozing

    Walah. .wong edan neh. .2012 kiamat??? Apa kata dunia. . .jelas2 2012 ntar akn ad parade darah. .siapa yg kuat ia selamat siapa yg lemah dia mati. .2012 bukan kiamat bro tp cuma bencana. .ingat bencana. .sebenarnya gua jg ngeri sih gw mw KAWIIINN MAAAAK!!! . . Masa mati sih baru aj umur gua 18 tahun 2012. . .tidaaakk. .gua kepret jg neh yg bwt ramalan. .

    Reply
    1. Abie

      memang belum qiamat, tetapi masuk tanda-tanda besar qiamat!! mau tidak mau, suka tidak suka itu bakal terjadi!! siap2 aja!!!

      Reply
  20. Amat stres berat

    Jah lo pade pcya ama yg gitu’an. . .pcya ama yg uda gk ada. . lbh baik loe ibadah kalo kalo ntar beneran 2012 kiamat. .kalo gw gk pcya gua cuma pcya ama ajaran agama gua yg isinya kiamat bakal terjadi hari jum’at nh bukan tanggal 21-12-2012 . .rasanya kalo tanggal 21 hari sabtu . .nh jelas2 to uda di kibulin ama si maya. .secara gito loch. .kalender di buat batu. .wakakakakak. .kalo gua yg buat, to kalender gua tempel di dahi si maya toh. . Gile bener marah gua. .hahahahaha. .jayuz emang lagi stres seh gua. . .wakakakakakak gile bener. .wakakakakak

    Reply
  21. Abie

    Insya’Allah bukan qiamat di 2012, akan tetapi memasuki tanda-tanda besar qiyamat!! info ini setidaknya menjadikan kita siap2 dan waspada!!

    Reply
  22. jasmine

    earth …that we live in …already change becouse all that we done.all mess,dirt,. people just think about them self,so selfish….earth is being so stess, so tired,to having that people live in like that…if somebody think that earth is a mother nature…is meant the mother nature is old already….so just prepare and be ready…becouse karma is waiting….

    Reply
  23. frdckp

    Hayo pada tobat!
    Gimana kalo ini tanda2 dri-Nya? ?
    Pernah dgr g crita org yg trjbk bnjir mu d tlng ma org g mw, tp percy bkal ad prtlngan dr Allah.
    Alhasil dia mti krna justru org2 yg mu nolong it perantara-Ny

    sma ksus ny ma hal ini tnda2 ini mungkn juga perantaraNya. .

    Dan kta bpkQ si, , konon jika tanda2 kiamat sudah trlhat, , maka pntu tobt sdah tertutup rapat. .
    Hayo gmn. . .

    Reply
  24. Kakek azozing

    “WAHAI KAU MANUSIA,JADI KAN LAH KEDUA ORANG TUA MU RAJA DAN JADIKAN LAH UMAT ISLAM SAHABATMU,SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA MENDENGAR DAN MAHA PENOLONG”. . .akhirnya ad juga keinginan gua untuk taubat. .alhasil gua sekarang dapat lebih mendekat kn diri kepadanya. . . .kaya . .INDOMIE SELERAAAAKKKUUUU. . . .muantap ne mie. . .ha. . Ha. . .ha. . .

    Reply
  25. Nurdin_M.top

    Disini gua ad kesimpulan yg mungkin bisa mengungkap 1/2 kebenaran yang sesungguhnya. . .menurut kesimpulan yg gua dpt ktika membuka sbgian forum/blog mengenai kiamat gua mendapat penerangan. . .menurut gua yg di blakang semua ini adalah(dalang) adalah mereka yaitu bangsa amerika. .mereka menggunakan isu kiamat untuk membuat tatanan dunia baru yg hanya amerika lah yg memimpin semua yg ad di bumi ini. .dan kiamat 2012 itu hnya lh isu/hoax. .coba kalian pikir ketika kalian membuka suatu forum yg ada hubungannya dgn kiamat mk. .yg disebutkn adalah bencana besar. .misalnya forum A menyebutkan badai matahari. .forum B mengatakan tabrakan planet Nibiru forum C glaster mencair. .forum D gempa dasyat. .nh dari semua itu kita dpt mengetahui bahwa semua itu hanya hoax. .dan amerika lah yg merencanakan semua itu . .kiamat mungkin terjadi tetapi kiamat yg akan terjadi adalah kiamat moral manusia. .gua pernah mendpt prediksi. .kelanjutan situasi dunia setelah 2012 sangat buruk. .amerika telah merosot moralnya sehingga melakukan segala cara untuk mewujudkan tatanana dunia barunya. .ketika itu uni soviet(saudara amerika)menentang semua itu dan terjadi lah perang saudara perang tersebut sangat merugikan dunia. .dan ketika itu rusia menjadi buta mata dan meluncurkan nuklir ke dua belah pihak. .dan yang akan terjadi adalah perang dunia 3 . .dimana umat dunia yang akan tersisa adalah 20% . .setelah. .itu dunia semakin rusak dan memburuk maka dari itu diadakan mesin waktu mereka yang selamat pergi ke masa lalu. .itu lah yg di sebutkan bangsa maya dngn ‘end of time’. .semoga postink saya dpt berguna bgi anda semua

    Reply
  26. QumiL sajja

    hmmh.. gmn ya/

    jgn deh, ak blom siap.
    rasany ak pengen nangis kalo dgr2 urusan ginian.
    huaa. 😦

    Reply
    1. ferdinal

      astagfirullah……… siapa kah kalian yg bisa menebak hari kiamat….. seandainya hanya allah yg bisa menentukan smua,,,,,, kita di ciptakan oleh_NYA dan kembali pada NYA

      Reply
  27. daniel purwanto

    kiamat sebetulnya sudah ada tapi manusia tdk prnh menyadarinya.kematian contohnya kita mati tapi akan hidup kekal untuk selamanya

    Reply
  28. dwi indah

    aku percaya adanya kiamat,tp,jgn buat isu gtu dong,
    mudah2han allah menyayangi hambanya semuanya
    nyebut.nyebut……..
    astagfirullahalazim,,,
    i love allah
    ich liebe allah

    Reply
  29. Noordin_M.top

    Oh trnyta d’forum ini msh ad yg d’kibulin freemason si mata picak(buta)

    gw dpt ksmpulan yg ad kaitanya dngn 2012
    1.kalender suku maya yg mnytakan “end of time”itu m’mng bnr tp slh pentafsiranya yg bnr adlh pd tahun itu kalender maya cuman kehabisan pnanggalan aj kan kayak masehi hbs di bulan 12 ntr balik lg ke bulan 1 .y gtu lh seharusnya jd ksmpulannya kita tdk bsa pcya ato nyalahin ne tnggal. .kn setiap suku pnya penanggalan msng2 cntohnya kayak masehi dan hijriah kan jelas2 berbeda
    2.katanya kan 2012 ntar planet X menampakan wujudnya dan si annunaki akan muncul dan mengambil haknya, mungkin saja si annunaki ini ad tp yg gw gk bsa terima adl si annunaki ini yg ngebuat manusia coba kalian pikir kalo bnr si annunaki ini yg ngebuat kita ,annunaki kan jg seorang manusia ato makhluk ciptaan yg kuasa msa bsa menciptakan kita. .dan pernyataan yg mungkin bsa kalian pcya adalah bgaimana kalian menjelaskan siksa kubur. .?? Kalo si annunaki yg ngebuat brarti yg nyiksa kita di kubur itu si annunaki jg kan . .jd kesmpulannya kalian di kibulin si annunaki kita hnya akn pcya kpd allah bkn pcya ama si kampret annunaki ini, biar siapa pun mereka gw kaga takut gw cuma tkt siksa kubur dan siksa api nerakanya itu aj
    3.ramalan 2012 itu kalo dipandang bisa d’anggp bnr bsa jg di anggp hoax. .yg jlz kita yg pnya agama tdk akn pcya ama yg ginian coba kalian pikir orng yg bsa clairvoyance(yg bsa ngeliat msa dpn) smuannya ngeramalin hal yg sma yaitu ad air ada gelap ada dingin. .smw peramal mengatakan bgitu. .dn sesungguhnx peramal jg meramal pasti memakai suatu perantara dan perantara ini adl jin . Si jin kampret ini ngenfaatin si peramal dn jd lh hoax. .kepcyaan yg tdk bertuan. .nh kalo mw pcya tanya aj tuh ama ulama di seluruh dunia pasti mereka berkata”gw kaga pecya ama yg gituan,gw ulama pangkat gw lbh tinggi dr pd peramal msa pcya ama peramal ktmbang pcya ama gw”pasti mrka mnjwb geto. .yg jlz para ulama gk pernah menyebutin kiamat 2012 dn hnya orng yg tdk memiliki agama yg bsa brkata begito

    demikian

    Reply
  30. NURCHOLIS

    Jadi loe percaya ama begituan yah………..?Kaloe aku scih tdk percaye ame yuang begituane…………!Apakah suku MAYA memang ada Di DUNIA INI…………?SETAHUE SAYE SIH KIAMAT ITU DATANGNYA SETELAH PERANG ARMAGEDON yang berlangsung antara Umat ISLAM dgn Umat Nasrani and Yahudi……………?!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  31. aneyzt

    …what???…
    …kiamat qan datang taun 2012????!!!…
    …ck,ck,ck
    …pantesan ajah,lah wong hamba2 na
    …g percaya ma ALLAH.S.W.T.??
    …malah do pecy ma ramalan??
    …jgn qan taun 2012,loq ALLA.S.W.T. mau bzk ja bz qiamat…
    …nyebut,bro!!!!!!!
    …mnding cpt2 qt tobat!!!
    …ockey?

    I LOVE ALLAH.S.W.T.

    Reply
    1. widodo

      bner bngt tu sob….mendingan pada tobat smuanya istighfar coy
      jgn pernah sekalipun percaya pada peramal,karena peramal tdk prnh tau apa yang akan terjadi pada dirinya di esok hari….peramal aja g’ada yg tau dia matinya kapan kok malah bikin ramalan tentang kehancuran bumi….bego’ bener kalau anda smua mempercayai ramalan itu!!

      Reply
  32. virgo

    assalamu’alaikum wr wb,,
    kalo di liat secara ilmiah,,,virgo seh insya allah percaya tp tetep aja yg menentukan segalanya hanya Allah aza wa jalla,,mungkin bisa juga itu merupakan awal dari peradaban manusia di Dunia kelima (skarang didunia ke4) nah setelah itu ada kehidupan yg baru yg mungkin hanya manusia terpilihlah yg dapat memasukinya (seperti kejadian nabi Nuh),,yah kita sebagai orang yg awam hanya dpat berikhtiar,,,terus berdoa dan mengingat Nya karna dengan demikian insya Allah dapat menambah hari untuk bertobat,,

    Reply
  33. RONI

    SIAPA SICHHHHHHH!!!!!!!!!!! YANG MERAMALKAN KIAMAT TERJADI PADA TAHUN 2012!!!!!!!!! MEURUT AL_QUR”AN SICH KIAMAT TERJADI SETELAH PERANG ARMAGEDON ANTARA UMAT ISLAM,NASRANI,YAHUDI DLL. JADI LOE SEMUA JANGAN PERCAYA DENGAN RAMALAN DECH……………. !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  34. ZheYt

    Qta hanya bisa meng iyakan saja tapi jGn percaya kaRna smuA kita kembalika sama ALLAH SWT karna hanya dia yanG kita harus percayai bukan yG laen allah yG menGatur smuanya,,, ALLAH MAHA SEGALANYA……..
    BY:KERBAT KOTAK KAKATUA 2/03
    MAKASSAR

    Reply
  35. putri mayuni kusuma

    ya tuhan…..klo emang engkau yang menghendaki…
    hambamu ini ga bisa lagi berbuat apa…
    hamba menyerahkan hidup hamba hanya padamu…

    Reply
  36. Ria

    aduh gw stress baca ky bgitu an ….
    bikin takut bwat ngejalanin hari2 !!
    tp inget manusia kan cma bsa m.prdiksiin doang ,
    blond tntu ntu cmua nyata kan ??
    nd yg pnya kuasa kan pncipta alam smesta …

    Reply
    1. Rayhan

      Ya Allah ampunkanlah semua dosa di muka bumi ini ya Allah…kalian Kali Percyaya dengan peramal berarti kalian bodoh.karena Kita punya Allah…

      Reply
  37. Nanang

    Kiamat itu hanay Allah SWT yang tau….nabi muhammad aja pernah di tanya ama para sahabat mengenai kiamat…tp nabi muhammad bilang klo kiamat itu hanya Allah yang tau….malaikat aja gak tau….sebagai umat muslim sebaiknya kita percaya hal itu….gak mungkinkan nabi muhammad boong!!!
    masa kita percaya pada ramalan suku maya dan malah gak percaya ama nabi muhammad…

    Reply
  38. NORNA

    Mbok jangan kiamat duloe tohhhhhhh!!!!!!!!!!!!! Aku durung ngrasakke TRESNO lan KAWIN kui piyeeeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!! yachhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!! tapi aku ora percoyo karo isu kiamat iki amarga sing ngerti trima GUSTI ALLOH SWT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!????????????????????????????????????……………………………………….<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

    Reply
  39. darmanto

    assalamualaikum…………

    hai orang-orang yg beriman bertaqwqlqh kamu kepada ALLAH SWT.kita kembali kpd AL-QURAN & AS-SUNNAH

    Reply
  40. darmanto

    assalamualaikum…………

    hai orang-orang yg beriman bertaqwalah kamu kepada ALLAH SWT.kita kembali kpd AL-QURAN & AS-SUNNAH.Jngn percaya kepada ramalan suku maya,itu nama-y musyrik(Menyekutukan ALLAH SWT).
    Kita berserah diri kepada ALLAH SWT

    Reply
  41. artha

    sebagai manusia yang percaya akan kebesaran tuhan hal tersebut memang patut diwaspadai tapi jangan lah menjadi parnok terhadap hal- hal seperti itu…..kalau waktunya sudah tiba…kita terima saja….toh semua akan kembali kepadanya tinggal tunggu waktu cepat atau lambat saja….inget berdoa

    Reply
  42. Ivan Alhabsyi

    Sesungguhnya adanya hari kiamat itu wajub kita percaya, karena sudah di terapkan di rukun Iman.
    Tapi kapan dan waktunya hanya Allah Yg tahu karena dia sang pencipta alam semesta ini. andai pun kiamat itu benar terjadi di tahun 2012 itu sudah menjadi kehendak sang pencipta.
    saya rasa berita kiamat 2012 itu hanya sebagai pengingat untuk umat yg ada di muka bumi ini agar segera menyadari apa yang t’lah dia perbuat karena bumi ini semakin tua, dan kita tidak akan pernah tau kapan semua itu akan berakhir.
    dari semua itu hai saudara 2x ku, bertaubatlah sebelum kiamat mendekat dan terjadi. waulallu’alam

    Reply
  43. Elvira Octavia Erica

    kapan pun kiamat itu akan datang, semua kita serahkan kepada Allah. karena dia yang mengetahui segala sesuatunya.
    Kewajuban kita hanya lah beribadah & berdoa agar selamat dunia Dan Akhirat. Amin.
    Sebelum Terlambat BertOubat yuk segera teman”
    Wassalam.

    Reply
  44. ikHa

    …gak tao mao comment paan ,, cz nha binun seh ..
    …qu kan byum merried ..
    …pcaran pun mseh sring rbut ,, gmn tuw … ??
    …umur qu jha mseh 20 taon ..
    …jgn kiamat dlu deh ya…

    Reply
  45. via

    ,,,,,,,q gak ngerti paan yg mo terjadi ,,,,,,
    ………..tp q serahin semua ma yg diatas (4W1)……
    ///////////JD TESERAH JA DEH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  46. eva

    ,,,,,,,,,,,,q si pengen ngelanjutin hidup dl!!!!!!!!!!!!!!!
    ……………tp klo semua dah d garisin bgtu ea dah pasti bakalan kejadian……………… q pasrah ja deh tp tetep enjoyd dlm jalanin hidup nie ,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ……………..JGN PATAH SEMANGAT……………….

    Reply
  47. e'eenk

    klu crta masalah kiamat,ga habis2 nya.dulu gw masih ingat banget isu kiamat tgl 9 bulan 9 tahun 2009.tapi ga ada tuch!!!
    qt kan punya agama,,pecaya z ama ajaranNya.
    sepengetahuan gw,ga ada tuh agama yg bocorin kapan kiamat dtg.intinya,,kita mesti berdoa dan ngelakuin apa yg diajarkan oleh agama qt masing2..
    siiiippppp!!!!!!!

    Reply
    1. toti

      yupz tul banget…………yang tw cma Yg Ciptain qta…qta g tw papa………yg qta bwt cma doa n berserah aj…Tuhan yg ngatur smwnya….klo Beliau blang ntar ya ntar trjadi…jd g usah prcaya yg gtuuan…………..

      Reply
  48. e'enk

    ralat dikit,,,ramalan kiamatnya tgl 9 bulan 9 tahun 1999,
    tgl 6 bulan 6 tahun 2006.
    ga kiamat khan???
    jd,,ngapain mesti ngeri dgn tgl 21 bulan 12 tahun 2012???
    bagi yg beragama nasrani,,coba dech nonton film KNOWING.Pasti mata hati dan fikiran kita terbuka tentang kiamat!!!ameeennn…

    Reply
  49. m3nto5

    Janganlah kau panik, ketahuilah allah menciptakan manusia untuk dapat bertahan hidup dan dapat meneruskan keturunannya walau tidak semua dapat bertahan.

    TANDA-TANDA AKAN TERLIHAT JELAS DAN TERJADI TANPA PERINGATAN.

    AIR DAN KARANG MEMBENTUK TEMBOK BESAR, TIDAKLAH SEMPAT BERBUAT KEJAHATAN

    Reply
  50. MAKTOHARIBI

    maaf, tidak mengurangi rasa hormat. Tuhanku hanya satu yaitu ALLAH SWT bukan peramal…
    Tapi dengan adanya ramalan seperti ini, maka kita harus tetap menjaga diri akan keselamatan kita didunia dan mempersiapkan diri untuk dimasa akhirat nanti.

    Reply
  51. Sofyan. jacob

    wawllah hu alam. . .hanya ALLAH S.W.T yang tauh kapan akan terjadinya hari kiamat, kita sebagai umatNya hanya bisa bertobat akan semua salah dan dosa kita. . . .

    Reply
  52. Alex

    tinggal bikin aja Bahtera-Noah, Kapal Nuh berbentuk Roket dgn misi ke Mars pada tahun 2012…

    selain orang2 yg tdk punya kemampuan utk membuatnya,
    mulailah banyak2 berbuat baik pada sesama.

    Pertanyaannya:
    ada berapa orang yg bisa masuk ke kapal ini?
    agama apa saja yg boleh masuk kapal ini?
    sudahkah semua cell, biji, bibit makhluk hidup terkoleksi?
    metode apa utk pengumpulan tersebut, Frozen?
    bahan bakar / battray apa yg digunakan, kita perlu teknologi
    battary revolusioner selain yg ada sekarang.

    amin.

    Reply
  53. hahaha....

    aQ gak percoyo cok

    lek kiamat mau datang

    aQ hanya percaya pada tuhan Qw

    ALLAH SWT..

    karena hanya ALLAH yang tau kiamaT..

    kalo yG percaya ma ini…

    BRARTI KAFIR..

    Reply
  54. Mayadenawa

    Yg terjadi pasti terjadi… Mending jgn memfokuskan pikiran klo hal ini akan terjadi ato tidak… anggap saja besok terakhir km hidup didunia ini, so,,, apa yg akan km lakukan sekarang??? berbuat baiklah kepada sesama, modal buat di akhirat nanti.

    Reply
  55. rudi pete

    baca komentar diatas aku cuma bisa geli..rekan2 bisa browsing pengertian luas comentarnya ngawur.bukan menggurui.tapi lihat pahami dan analisa dulu. 1.ini bukan masalah ramalan sukumaya tapi diperhitungkan dengan penemuan planet nibiru dan LAPAN dengan SOLAR FLARE nya..2.Jangan campur adukan pengertian kiamat agama dengan prediksi kejadian ini..The end of earth. 3.Kiamat menurut agama adalah hancurnya bumi sedangkan menurut literatur diatas adalah the end of time..jangan dicampur..kita sama2 percaya kepada sang creator sandingkan saint dengan agama jangan di perselisihkan malah bikin alam jadi hangat..takdir mari kita kembalikan kepada SANG MAHA SEGALANYA..

    Reply
  56. aprilia

    I LOVE YOU FOUREVER ALLAH S.W.T
    jd aq cuma percaya ama ALLAH S.W.T aja….
    gx ama peramal,suku maya atau apalah……

    Reply
  57. donald trump

    heyy…
    gue punya 2 bisnis yang sngat menggiurkann…

    1.http://www.pulsagram.com/?id=WJ2663
    adalah bisnis pulsa dngn modal 100% free…dri padad t4 laen byr rtusan bhkan jutaan hanya untk membuat agar anda jd

    pulsaders…..
    untungnya selain 100% free, harga pulsa super murah, dan paif income 275 jt + bonus2 laennya….

    2. http://www.investasihebat.net/?id=dexterreiver
    adalah bisnis dgng modal sngt2 kecil 20rb namun hasil melimpahhh…..
    mis anda merekrut si A maka anda dpt 3000
    si A merekrut si B maka anda dpt 3000
    si b rekrut si C anda dpt 4000
    si c rekrut si d anda dpt 6000

    jadi anda bsa htung berapa bnyk org yg anda bsa msukkan sehingga modal anda kembali atau bhkan berlipat ganda…….
    dan d atas hanya 1 org sebagai contoh…
    bgaimana lv 1 anda bnyk 20org dan msing2 dri mereka mengembangkannya….anda tdag perlu lgy k kantor dan hanya mennunggu….

    jadilah pembisnis sejati….
    seperti saya anda thu brapa umur sya ??
    sya berumur 17 thun dan sudah bsa membiayai kebutuhan sya sendiri dri hasil d atas….
    jd tunggu apa lgy
    mw tunggu hingga smwa org sdah bnyk nya yg msk k bisnis ini…
    btuh bantuan ??
    num. 085756701772

    Reply
  58. mbon

    aku hanyalah saripati tanah yg muncul ke dunia karna kehendaknya,tak ada daya dan upaya yg ku mampu tanpa ridhonya,biarlah waktu bergulir seiring masa yang kian dan makin menua..biarkan mereka bercerita dan berangapan kiamat muncul sesuai apa yg mereka tebak..singkapin aja dngn keimanan jadiin pijakan wat lebih bertawakal..malaikat isrofil ja ga tau kpan dia di suruh niup ntu terompet sangkakala yg penanda jls datangnya kiamat..yg jelas waktu trus bergulir menjemput kedatangan akhir..entah ntu akhir dunia atau umur kita..mari bertobat,kembali ke tauhid..perbekal diri untk meniti kehidupan abadi..yg penuh dgn pertangung jawaban,,dari smua yg kita lakukan dlm kehidupan di dunia,,dunia ini nyata dan fana..nyata=kita ada dan bernafas,bertindak semau kita,namun fana,krna kan kita tingalkan ini dunia menuju alam keabadian..biarkan waktu melaju seperti air yg mengalir hinga akhir sampai bertemu ungkapan yg di sebut takdir..ya allah ku pasrahkan hidup mati ku pada kehendak mu,,tuntunlah aku yg hina dina ini mencari jalan mu dgn gelap yg ku punya berilah setitik cahaya jalan menuju gerbang cinta mu..

    Reply
  59. ALFIANSYAH

    saya mah hanya percaya ama yang diatas aja yaitu Allah SWT and kita mah yang manentukan nasib bukan suku maya tapi Allah sang pencipta alam ini. kita juga jangan hanya nyantai-nyantai aja kita harus banyak beramal dan beribadah kejadian akan datang kapan saja dan dimana saja. oke cuy

    Reply
  60. ALFIANSYAH

    lom siap coyy. lom kawen ni soal nya hahahahahahahahahaha:)
    saya hanya percaya sama ALLAH SWT….
    gx percaya sama gituan.

    percaya lah sama tuhan mu…..

    Reply
  61. jessica

    pkonya klo kya gtu sih w ga mau percaya coz
    kn blom ada buktinya
    lagian ramalan tinggal ramalan kn yg menetukan yg d atasss
    pkonya intinya berjaga2 ajahh
    jd kta bkalan slalu siap mao thn 2012 besok atopun skrg..
    waspada ajah n slalu inget Tuhan,,

    Reply
  62. ndar scout

    bagi W itu semua Allah yang ngatur siapapun mahluk ga da yang tau bahkan malaikat aja ga tau
    ambil hikmahnya aja bahwa suatu aat itu akan trjadi mangkanya kita harus lebih mendekatkad diri ke sang maha pencipta

    Reply
  63. subagia

    asyik;;;akhirnya kiamat juga cz ak dah bosan lihat tingkah laku manusia yang selalu mau menang sendiri,mementingkan diri sendiri;;tuhan kalo aku blh memohon hari ini pun aku siap menghadapi hari kiamat;;

    Reply
  64. sakaria

    kiamat datang hati senang karena tidak ada lagi kejahatan,korupsi,dan orang-orang yang serakah di dunia semua hancur

    Reply
  65. bona

    gw sih biasa aja!!
    tpi menurut gw ngapain juga kita percaya gitu2an..
    orang Tuhan doank kok yg tw..
    kita mah yg penting berbuat baik aja..

    Reply
  66. aom_syarif

    ambuing-ambuing audah atuh kita serahkan saja sama ALLAH SWT. jangan dulu mikirin kiamat mendingan oge pikirin nasib kita setelah kiamat nanti. toh kita ga tau atuh isuk atawa pageto kita bakal mati hehe wassalam………………..

    Reply
  67. ireand.tyo.saputra

    ai….gak da yang nma nya kiamat 2012!!!

    gue lbih lbih percaya banget ma AL-QUR’AN sebab kitap suci kami khusus nya umat islam udah terbukti di turunin dari langit!!
    bagi lho yang percaya ma tu kalender,,khusus nya yang beragama islam,,kafir banget lho!!

    AL-QUR’AN menjelaskan bahwa 100 tahun sebelum terjadi kiamat di bumi kita gak ada lagi yang nma nya mahluk hidup itu beranak dan di peranakan kayak skarang!

    coba lho smwa yang percaya ma tuh kalender fikir,,gimana bisa jadi bumi….kalo yang nma nya AL-QUR’AN tuh gak ada??
    gue percaya koq ama smwa kitap-yang udah d turunin di bumi oleh ALLAH meskipun gue gak tai apa isi dalam kitab2 itu kecuali al-qur’an!!
    kalo mau ramal ya ramal aja,,toh bagi hamba allah yang beriman gak bakal percaya ama yang nma nya ramalan kecuali pada tuhan dan kitab2 sucinya sendiri!

    Reply
  68. cube

    Pcaya ga pcaya mah blk kediri msg2 lah.toh hari kiamat lambat laun akan tjadi jg walopun gada ramalan yg ngasihtau.intinya y siap ga siap kita ttp ngalamin kiamat itu yg entah kpn pst tjadi…

    Reply
  69. setiawangonzales

    wahai…para umat manusia dmuka bumi ini janganlah km mendahului keputusan yang dah ditentukan oleh ALLAH SWT….karna smuax itu musrik….kita harus percaya ame ALLAH seorang,karna dialah yang menciptakan isi langit dan bumi.klau ALLAH sdh menhendaki
    biar detik ini bs kiamat g sah tunggu tahun 2012….

    Reply
    1. emo

      ckckkckkck……”kita harus percaya ame allah ‘seorang'”
      keteranga darimana klw ALLAH SWT adalah orang

      Reply
  70. andi erwin

    ALHAMDULILLAH, JUM’AT 21-12-2012
    BUKANNYA HARI KIAMAT, TP PEMBERSIHAN YG DILAKUKAN ALLAH SWT TERHADAP APA YG TELAH DICIPTAKANNYA. DALAM ARTIAN, WASPADALAH KALIAN YG MERASA KOTOR.

    Reply
  71. Nadia

    Banyak sekali versi ramalan tentang kiamat ato bencana besar yang akan terjadi tahun 2012. Aq ga terlalu percaya, yang penting kuatkan iman dan jangan buang2 waktu lg sekarang dengan hal-hal tang gak berguna

    Reply
  72. mujahidin

    Ass. boleh2 ja orang bilang mah … memang kapanpun kiamat pasti terjadi, tapi tiada yang tau …… asal diri kitanya ja yang siap,tu semua merupakan peringatan. yu kawan2 qt bertaubat.

    Reply
  73. toti

    yang aq tw ne,,,Tuhan yg ngatur smw…g perlu dprcaya…qta cuma kudu, wajib, harus, n mesti rajin doa….cman Tuhan yg tw kpan dtangnya liamat.klo udh wktunya ya udh,,,dtrima aj…qta cma bsa brwepada aja….

    Reply
  74. OKREK

    gUa
    nggak percaya sama sekali….
    tu bohong….
    klo sdah takdirnya…ya kita mati….
    itu semua yang ngatur allah SWT……
    ingat…..ingat….jangan PERCAYA RAMALAN….

    Reply
  75. yozz

    aduh ko jadi rame ya padahal tahun 2012 masih lama yang katanya bakal kiamat tuh padahal kiamat kecil yaitu kematian yg setiap saat bakal kita hadapi dan itu pasti akan kita hadapi az ko kita santai sanatai az… knapa yg ramalan 2012 tuh mesti kita takuti padahal itu kan cuma ramalan dan gua yakin tuh ga bener…tapi mendingan kita ambil hikmah nya az yaitu kita harus tobaaaaaaaat dari skarang…..nyooooo

    Reply
  76. eriina

    semogaa aja ,, semua ramalanya itu salah . . supaya manusia sadar ,, emang cuma ALLAH SWT aja yng tau segalaya

    Reply
  77. Ero

    Udah lah..mendingan lakukan aja seperti biasa ibadahnya.sholat ya ngaji ya amal ya puasa malah klo bisa ditingkatkan lagi. belum tahu juga kiamat apa gak..mending siap2 dulu.klo datang ya berusaha sejuat mungkin untuk hidup,klo gk bisa berusaha lagi ya pasti musnah.serahin ja sama yg kuasa..toh semua kehidupan juga pasti musnah..
    klo seumpama cuma isu,gak terjadi misalny, enak kan?gw mau nonton film kamen rider sampai abis serinya…

    Reply
  78. nurul

    kiamat itu rahasia Allah…. Rasul aja umat yang paling dekat ma allah swt cuma bisa nyebutin ciri-cirinya doank,, palagi kita hambanya yang hina ini…… ( tapi quw gag ngerasa hina koq :P)

    Reply
  79. fahrur

    aq gak percaya tu sama yang begituan….
    mendingan kita ambil hikmanya ja….
    kita boleh percaya tapi gak boleh yakin….
    tau gak maksudnya….
    mendingan nie kita jadikan motifasi tu’ rajin beribadah ma ALLAH SWT oce…

    Reply
  80. RieLla

    Asskum
    kiamat tu hAnya Allah SWT yG teu…smua ada d tangan Allah..tInggal qt j mau brusaha ato gug..beribadah yg rJin Taqwa kPda Allah..Ya qt trima dGn ikHlas.Toh smuA yG d khnDaki Allah tDk bSsa d RubAh…

    Reply
  81. sugiharto

    kita pasrah aja deh ama Allah ….. memang Allah kan yang buat bumi alam semesta seisinya???? kalau diminta apa kita mau sembunyi, sembunyi aja …………..Dimana?????? tuh dibalik harta korup, dan kekuasaan yang dzalimmmmmm

    Reply
  82. prisma

    makanya yang blm nikah, segera nikah…. coz hampir kiamat… q sh prcya kiamat, tp smua itu yg tau hanyalah ALLAH SWT…..

    Reply
  83. dadang

    Ass… helo semuanya…Kiamat itu emang pasti ada, tapi sma itu tuhan yang ngatur,kiita tidak boleh mengatakan apa yang menjadi rahasia allah,memang peristiwa itu akan datang tapi kapan waktunya itu tidak ada satu orangpun ang tau ,jangankan manusia sebagai hamba allah yang sangat lemah untuk mengetahui kapan kiamat itu akan terjadi,sedangkan nabi muhmmad saja tidak tahu dan tidak diberitahu oleh allah swt kapan kiamat itu akan datang.soooo……sebagai manusi yang lemah kita tidak boleh mendahului rahasia allah dan mengatakan kiamat itu akan datang ,, NB (meramal itu boleh2 aja karena mungkin itu adalah mata pencaharian mereka para peramal tapi kita masih punya sang pencippta yang mengatur semuanya.OK..)

    Reply
  84. budi

    sini bilang tuhan,sana bilang allah swt,,emang kalian bisa nunjukin siapa tu tuhan??siapa tu allah swt??pernah jumpa pribadi ma tuhan/allah swt -mu ndak??kalau ndak tau tuhan/allah swt yg selama ini kalian sembah,mending ndak usah comment,cari dulu siapa Penguasa alam semesta….

    Reply
    1. galuh

      yg jls bkn km penguasa,.knpa org sadar klo da Tuhan tuw krn org ngrasa lemah,krn g da org sempurna, krn org yg jatuh tuw g punya sandaran terkuat selain Tuhan,keluarga bs hlg, teman bs hilang, suami/ istri hlg,.krn g ada yg abadi,.

      Reply
  85. koko

    aku mah ikhlas adja…. mau gimana mana juga yang penting mah kita slalu inget kpada yang maha pencipta biar hidup kita jadi tenang “BETUL TIDAK………!”

    Reply
  86. Angga

    Pastinya bila memang terjadi! kita ambil segi positifnya saja? mungkin dengan hal seperti ini membuat kita lebih dekat dengan Tuhan YME..

    Reply
  87. pletok satanic scream

    gw gg prcaya klo 2012 tu kiamat, hanya orang bodoh ja yng blang kiamat krn menurut gue mank da tnda2 kiamat tpi gw ttp ga percaya FUCK YOU OF GODDDDD!

    Reply
  88. Andry

    blum kiamat tau!!
    ini cuma pergeseran orbit bima sakti, klo cma beberapa waktu aja udh berakhir, ya gx ad mslah, wlopun byk yg hancur ato rusak, itu smua bisa di bangun kembali…

    Reply
  89. ismanisa

    yah lo menurut Q ce….
    percaya ga’ percaya tergantung Qtha sendiri….
    low qtha percayax buat semangat untuk qtha lebih mendekat diri kepada YME,,, ya ga’PaPHa khan….????/

    Reply
  90. eko

    jangan percanya dengan isu yang belumtemtu kebenaranya. semua hal yang terjadi di dunia sudah da yang mengaturnya. kalao mereka beranggapan ahun 2012kan kiamat, mungkin mereka sendiri yang kan mengalami kiamat itu . allahhuallam……….. jikau kamu percaya matilah kamu.

    Reply
  91. eko

    soektau kau.nabi aja gaktau kapan kandatangnya kiamat masak u brani sesumbar begitu, dilaknat allah baru tau lho.

    bruaengsuak …………………………………………………….. jek mendem tho kowe omongan sakkarepe dewe.

    Reply
  92. moyet

    …………………………………………………………………………………………………………….siapa ynag buat isu kiamat?,!
    jawab:
    su ku nya mayat ……………………………………………………………………………………………………………
    dasar moyet bikin pertanyaan gak mutu…………………………… tau aja yang buat ja gak mutu.

    Reply
  93. sebodo teuing

    yang percaya ma gituan NGA BAKAL SELAMAT DI AKHERAT !! nabi muhamad ae nga tau, palagi kta-kta yang hidup di jaman EDAN !!

    Reply
  94. KakaJC

    Syallom…

    Percaya gg percaya semua itu pasti akan terjadi…
    maunya kapan ya terserah…yg pasti tetap tekun dalam doa dan berserah pada Tuhan…
    Tuhan punya kuasa atas segalanya, jd Dia dh tau apa yg terbaik utk kita umat manusia…
    Tp prnh gg klian mikir kLo Tuhan memberi kemampuan pada suku Maya utk memprediksikan semua bencana ini??
    anggap aja perantara ato “alarm pengingat” utk manusia2 yg murtad…
    So, perbaiki hidup kita masing2 dgn cara yg benar sesuai ajaran agama masing2… ^_^

    Tuhan Memberkati.

    Reply
  95. KakaJC

    Syallom…

    Percaya gg percaya semua itu pasti akan terjadi…
    maunya kapan ya terserah…yg pasti tetap tekun dalam doa dan berserah pada Tuhan…
    Tuhan punya kuasa atas segalanya, jd Dia dh tau apa yg terbaik utk kita umat manusia…
    Tp prnh gg klian mikir kLo Tuhan memberi kemampuan pada suku Maya utk memprediksikan semua bencana ini??
    anggap aja perantara ato “alarm pengingat” utk manusia2 yg murtad…
    So, perbaiki hidup kita masing2 dgn cara yg benar sesuai ajaran agama masing2…OK!!! ^_^

    Tuhan Memberkati.

    Reply
  96. angga

    tidak ada yg tau hari kiamat slain ALLA SWT,bahkan nabi Muhammad SAW aj gk tau ,masa suku maya bisa tau…..

    Reply
  97. Portgas D Donny

    Buat pelaris Film Ajh nie,,”
    Asli de,,”
    Ckckckckck,,”
    Kluw takud mending tobat ajhe dah mule sekarang,,”

    Reply
  98. catur prasetyo

    kiamat tu hari jum’at…
    jm’at bsok bisa jadi……
    entah jm’at besok’y ….
    bsa besok2’y lagi….
    ato besok3x’y lagi mngkin….
    cma 4JJ1 swt yg tau dan yg akan melakukan’y….

    Reply
  99. Wawan

    Kiamat AdaLah Rahasia ALLAH !!
    Ini sbg peNGajarAn buat manusia agar bertobat dan meminta ampun kepada ALLAH !! haL ini tdk wajib di yakini karena cma ALLAH yg tahu kapan kiamat itu terjadi !! ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…!!!!!!!!

    Reply
  100. ale tuapetel

    bgs lah!!!!!!!!!!! lebih cepat lebih baik……………skg kiamat pun lbh baik, dari pada kt hrs tgu tahun 2012, emang udh pantas klu dunia ini kiamat skg…..?????????????

    Reply
  101. drajad

    sekira film 2012 mengambarkan kiamat akibat ledakan dalam luar angkasa ke bumi, tentunya dari segi cinematografi prelu memperhatikan efek radiasi yang dapat mematikan seluruh energi secara partial atau keseluruhan di bumi, musalnya: sistem navigasi pesawat mati, dll. lha di film itu kan masih ada, bahkan pesawat masih bisa terbang

    Reply
  102. Reedho D' Mbojo

    Gak percaya banget 10000% Ane ama film itu, yang namanya kiamat adalah rahasia Allah dan hanya Allah pula yang tau kapan hari itu terjadi, yang penting kita yakin dan percaya bahwa kiamat PASTI TERJADI, but entah kapan……bisa hari ini, besok atau kapan pun. Semua kita serahkan hanya Kepada Allah Yang Maha Kuasa……Allahu Akbar…
    Tapi Ane penasaran ama film itu…kapan2 nonton ah….

    Reply
  103. Restu

    Itukan cuma film, gak bisa di percaya…lha wong kiamat kan hanya Sang Maha Kuasa yang tau……tapi bisa kita ambil pelajaran untuk kita berbenah diri dan lebih mendekatkan diri sama Yang di Atas….

    Reply
  104. Restu

    Kata peramal : ” Ketik REGKIAMAT kirim ke 0000 “.,
    Siapa saja yang percaya pada RAMALAN berarti dia adalah Orang yang paling BODOH dan GOBLOK….sejagat

    Reply
  105. Restu

    Kata peramal : ” Ketik REGKIAMAT kirim ke 0000 “.,
    Siapa saja yang percaya pada RAMALAN berarti dia adalah Orang yang paling BODOH dan GOBLOK….sejagat.

    Reply
  106. Pingback: Banjir Bah Nuh ke – 2 « Blog Banjir Bah Nuh Ke – 2 Pada Tahun 2 0 1 2

  107. Clara Ibanez

    Yang penting jadi orang yang baik aja lah, gak usah aneh2, dekatkan diri pada Tuhan. Tuhan yang punya kuasa, kita manusia gak akan bisa melebihi KuasaNya, apalagi sampe nebak kiamat segala, haaalllaahh..hebat amat suku Maya..??!!
    Walaupun dunia mengakui kecanggihannya di bidang Sains.
    Berarti mereka ingin melebihi Allah, seprti kejadian menara Babel.
    Bunda Maria dan para malaikat surga pun gak ada yang tau, kpn Tuhan akan memulai hari kiamat.
    Tapi Filmnya bagus dan hebat bisa naik bgt ratingnya.

    Reply
  108. amy

    ok guysssssss…..
    let’s we see wht’s gonna happen at that moment!!!!
    keep b good!!!!!!
    pda waktu “itu”akan trjadi suatu “trnsformasi”
    🙂

    Reply
  109. deca

    aku cih percaya ma yang di Atas. boleh lah suku maya meramalkan 2012,tapi tetep yang berkehandak yang Di Atas. Allah lah yang mengatur semua kehidupan ini

    Reply
  110. tryfatur

    kenapa ga di jelasin sekalian, kiamat itu kan ada dua, sugro dan qubro. Nah, sedangkan kiamat itu ga ada yang tau, kcuali Allah SWT. Kalo boleh di tekankan, dalam film 2012, bencana alam yang saling bersinambungan sehingga menyebabkan kerusakan yang sangat parah. Kita ga perlu khwatir kapan datangnya kiamat, bisa semenit lagi, sejam, besok entah kapan. Yang ptg kita harus siap lahir bathin.

    Reply
  111. dani

    Elahhh Kiamat ja pada Takut kan enak mala di surga kaga mikir duit lagi smua telah Allah sediakan untuk anak-anaknya cm klo yg belum kawin buruan kawin di Surga ga da yg namanya kawin ^^

    Reply
  112. guphonkz.bumend

    hanya allah.Lah yg mengetahuinya.
    daripada mkirin kiamat kubRa yg uddah trgaris,
    mending rajinin bribadah adjah.
    toh smua bkal mati esok.
    maaf jika ad ksalahan.
    wassalamualaikum wr.wb

    Reply
    1. shuna

      ngapain mikirin kiamat, jangan di pikirin nanti datang sendiri, bagi mereka yang beragama islam, mari kuatkan iman kita untuk bercaya akan datangnya hari kiamat.

      dan jangan sampai takut dengan adanya hari kiamat, karena, adanya hari kiamat, dikarenakan umat islam di dunia sudah tidak memegang 2 dasar ajaran islam, makanya Allah murka, dan berbahagialah bagi umat islam yang beriman, karena kalian tidak akan melihat hari kiamat, karena akan dimatikan dulu sebelum kiamat datang, karena hari kiamat adalah malapetaka yang sangat menakutkan.

      semoga kita dimatikan oleh Allah sebelum hari kiamat datang.

      Reply
  113. ermina

    Hanya tuhanlah yg tau kapan akan terjadi kiamat, kita jgn percaya ramalan. kita berdoa dan berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing. jgn percaya dech…..dgn izu-izu yg gk bener, bikin pusing…….!!!

    Reply
  114. Grolin

    yang terpenting dari semuanya adalah bagaimana kita untuk selalu mengingat bahwa kita hidup di dunia hanya untuk sebentar saja, jadi Allah adalah Maha Segala…berbenah diri dan lebih mendekat kepadaNya dan beribadah lah yg rajin…SUDAH KAH ANDA SHOLAT !!!

    Reply
  115. zuly

    wueEezzZ. . . belive or not dech!!cZ 9w LoM merid br0w. . he. . he. . lagian mua tu yg tw cma ALLAH.klo film kya gtu bkin mental org ngeDown!klo ga kuat2 imane,,,wo0yyo0. . . .

    Reply
  116. Guest

    Tak betul itu kiamat tahun 2012.Tak ada manusia yang tahu hari kiamat,tahun berapa kiamat.Hanya Maha Pencipta lah yang tahu kapan kiamat.Masa manusia tahu hari kiamat sih.Manusia tak tahu kapan berakhir bumi ini.

    Reply
  117. Tommy

    Klo kiamat sih gw ga prcya, coz soal itu hanya Allah SWT yg maha mengetahui yg tau.
    Tp klo trjadi’y prgntian peradaban manusia, br gw prcya.
    Ok bro, jd jgn resah N cemas dech gra2 isu itu.
    Klo Allah brkhendak, bsk pun bs kiamat.

    Reply
  118. reni fitri

    serahin za smua ma ALLAH SWT,..t9s Qta cmn beribadah dan berdoa semoga selamat di dunia maupun di akhirat..amin..

    Reply
  119. puja

    ah.. boong ah.. itu mah cuma perkiraan doang paling juga suku maya menjelaskan lebih ke bencana bukan KIAMAT….kan yang tau cuma Allah doang …. emang mereka itu tuhan?????

    Reply
  120. rama

    Bagi yang mau beli necklace / kalung dengan pandent/liontin kalender bangsa maya
    pandent Bangsa maya dengan fitur design yang sangat mirip dengan aslinya dibuat oleh profesional pengerajin jewelry dari Bali. kami membuat dua versi necklace kalender bangsa maya yaitu dengn Perak/silver dan dengan emas/gold
    harga sangat terjangkau untuk anda.
    kami juga membuat berbagai pilihan chain/rantainya.
    lihat gambar: model A,B,C,D,E,F,G
    hubungi Rama di Bali
    Hp : 081 933 108 461 (24 jam call service)
    Email: made.rama21@gmail.com
    (bila anda diluar Bali maka ada biaya tambahan pengiriman)

    kami juga membuka peluang bisnis / line bisnis bagi siapa saja, dimana saja jika ingin memasarkan neklace kalender bangsa maya 2012 ini.

    Reply
  121. ahmad fahmi assegaff

    kiamat tidak pada tahun 2012. ciri-ciri kiamat besar belum semuanya ada & belum terjadi perang dunia 3 yg merupakan ciri-ciri kiamat besar dan setelah perang dunia 3 itu baru imam mahdi lahir dan dibai’at di makkah pada saat orang melaksanakan haji itu udah mulai ciri-ciri kiamat besar yg sebenarnya. kalo aku beragama islam, jadi aku hanya yakin kpd agamu yg penuh kedamaian bukan agama suku maya yg menyembah setan

    Reply
  122. aldogs

    tiap orang punya persepsinya masing2. meski gue anak sma, tapi gue mau ikutan nih. gini ya kalo gue sih, gue anggap semua itu mungkin terjadi dan mungkin ngga. Tp gue ambil hikmahnya aja dari sana. Mungkin aja ini cobaan dari atas supaya kita lebih mendekatkan diri kepadaNYA. gituuuuuu

    Reply
  123. aldogs

    ohya 1 lagi. gini. kita jg jangan terlalu percaya dan acuh tak acuh juga terhadapnya haha. kalo itu emg terjadi, pas lo smua ngelakuin dosa trs bener2 kiamat gimana? mate aja lo pade. dan sebaliknya juga

    Reply
  124. jaka tarub

    DULU ANG PADO TUHAN MAHHHH?????????????? BAKALAMAK DEK PARUIK C MAH DA <<<<<>>>> HEBAT LO DARI TUHAN TUUUU<<<<>>>>>>> JADI URANG TU JAN SOK TAU <<>> KALO TUHAN MAHA TAHUUU<<<>>> EEEEE KARAmBIA

    Reply
  125. jaka tarub

    INI BKAN NYA SOMBONG MASSSS>>>><<<< RAHASIA GITUAN CUMA ALLAH YANG TAUUU<<<<>>> TAPI KOK UMAT NYA SOK TAU <<> SOK CADIAK<< SOK PANDAI <<<<>> KASADOEEE JO INYOOOOOOO<<<<>> TOLONG LAH MAS ISTIQFAR ITU NAMANYA UDAH LUPA DARI ALLAH<<<>>>>> OY KITA INI DITURUNKAN KE BUMI HANYA MENCARI AMAL IBADAH<<> BKAN NYA DITURUNKAN JADI ORANG SOOOOKKKK TAUUU<<>>>

    Reply
  126. illank

    ini semuanya bohong……..
    cuman allah SWT yang tahu kpan kiamat,
    mungkin kiamat ada tapi cuman di meksiko

    Reply
  127. ami_m49

    siapa aja boleh ngramal, siapa aja boleh percaya, boleh juga tidak… pengetahuan manusia seperti setetes air dari lautan…kiamat itu sudah pasti akan datang.. namun hanya Allah yang tau kapan datangnya hari akhir itu….
    Tapi kita ga perlu takut atau khawatir,, kiamat itu tidak akan datang selagi iman ada, dan alquran masih dibaca di muka bumi,,,

    Reply
  128. sally , phutenk,

    ya aMmPyUUnnnnn“`
    taU ga’ klo tgL 21 12 2012 nTuH tPat bGt dGn hari uLtah Gw,,
    mgKin i2 kaDo terIstMWa bWt gW kaLi YYYY

    Reply
  129. harti

    tidak ada makhluk yang tau kapan datangnya kiamat,tapi mengapa suku maya bisa memprediksi datangnya kiamat tanggal 21 – 12 -2012 pukul 11.11???apa prediksi suku maya bisa dipercaya?kenapa bila diramalan suku maya itu benar pada saat akan ada tsunami tidak diumumkan?malah hari kiamat yang diumumkan?

    Reply
    1. moegie

      bukannya Tuhan menciptakan apa yang ada di bumi ni berpasangan?da siang da malm,da cwo da cwe,juga seterznya.dan yang ga bisa kita pungkiri klo pa yang diciptakan suatu saat secara perlahan namun pasti akan hancur.aku serahin semuanya ma ALLOH SWT ja lah.benar ato tidaknya kabar tu hanya ALLOH yg tau bukan suku maya,juga bukan siapapun.

      Reply
  130. Insan

    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI
    TAK ADA YANG ABADI

    Reply
  131. rachmat .r

    kita tidak boleh percaya dengan ramalan, tapi kita harus percaya dengan adanya hari kiamat -yang pasti terjadi..!
    tapi gimanapun, film 2012 memang DAHSYAT .!!

    Reply
  132. dian

    orang Yahudi memang terbukti cerdas..
    memanfaatkan situasi (ramalan suku maya) untuk kepentingannya. apalagi USA bersama mereka,
    ini pasti politik, karena freemason memang sudah benar2 yakin bahwa ‘masa’ mereka udah hampir tiba..
    menciptakan tatanan dunia baru!
    justru ini yang harus dikhawatirkan, karena klo hal itu benar2 terjadi, berarti kiamat memang hampir tiba, karena Dajjal yg akan ‘memimpin’ para freemasoners itu..

    Reply
  133. galuh

    proses berlanjut, Allah gk tidur kawan2,. patut disadari bhwa ada awalan pasti ada akhiran, tapi apakah sepatutnya qt membuat ini sbg diskusi berkepanjang bikin org d sekitar qt mjdi psimis???kiamat ato gk d th itu sptiny qt udh melihat ribuan kiamat2 kecil d sekitar qt,. ttp semangat!!! krn qt org beriman,.insyalh,.

    Reply
  134. d'Lamiry

    numpang lewat yach,,,

    setahu gw tetang kiamat :
    1. No one knows,, tidak seorangpun manusia yang tahu tetang kapan datangnya hari kiamat, bahkan Rasulullah sekalipun.
    2. the sign,, hanyalah tanda2 akan datangnya hari kiamat yang dijelaskan di dalam Al-qur’an (coba dibaca2 lagi)
    3. dijelaskan bahwa datangnya hari kiamat, ketika dunia sudah kembali pada zaman yang “establish”. Yaitu zaman dimana seluruh umat manusia telah menjadi berkecukupan, tanpa menemukan adanya kekurangan sedikitpun, zaman dimana perekonomian menjadi sangat baik, zaman dimanan perdamaian telah menyebar keseluruh bangsa. disaat itu lah hari kiamat akan segera tiba (base on ustadz story)

    dan perlu diketahui bahwa saat ini dunia sedang mengalami zaman “zul ummat” zaman dimana masih banyak umat manusia yang terpecah belah, dimana perdamaian masih belum diberlakukan.

    mohon maaf kalo keliru

    Reply
  135. Mayantri

    Hidup ini tidak ada yang abadi. Kita semua ada di dunia ini karena ada yang menciptakan kita. Oleh karena itu yang bisa memusnahkan kita adalah Pencipta Kita. Kenapa harus takut……….. Walaupun ramalan itu betul terjadi maka kita semua tidak perlu takut jika kita telah bertobat dan hidup di jalan yang benar. Oleh karena itu semuanya tergantung dari anda sendiri. Anda mau mati sebagai orang yang benar atau mati sebagai orang yang berdosa…………? Amin

    Reply
  136. mery

    semua itu bohong orang yang percaya ma kayak gituan terutama orang muslim berarti orang itu musrik!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    nabi aja g tau kapan kiamat terjadi manusia aja sog tau !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  137. kristi

    apapun bentuk pemusnahan masa “kiamat”, jadikanlah sebagai peringatan dan kewaspadaan kita serta instropeksi diri sehingga tidak akan terlalu sakit jika itu terjadi,dan semoga kita kembali fitrah melewati tahap akhir tersebut, aminnnn

    Reply
  138. andi

    kiamat itu urusan Allah…….tidak ada yang mampu mengetahuinya…….manusia hanya mampu memprediksi peristiwa alam….tetapi untuk memastikan suatu peristiwa tepat pada jam atau detik sepertinya kemungkinannya zero…lha wong memprediksi longsor, gempa bumi aja belum ada yang bisa….apalagi kiamat…..wah banyak banget variabelnya..tapi apapun bentuknya ini adalah usaha manusia untuk mengetahui takdirnya bahkan melebihi kehendaknya….hanya manusia kafir yang mau melakukan ini……waspadalah hai kaum muslim…..ALLAHU AKBAR

    Reply
  139. Turbo Pascal

    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan
    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan

    Reply
  140. Turbo Pascal

    tik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikantik tik tik waktu berdetik tak mungkin bisa ku hentikan

    Reply
  141. anggi kurniawan

    kulo…………….. mboten percoyo nek 2012 onten kiamat…………………… sebab mboten onten menungso seng ngertoz………… nek emang terjadi kita siap2 mawon…………

    Reply
  142. hamba allah

    kiamat cuma allah yang tau setau saya kiamat datang setelah perang armageddon antara umat islam dengan yahudi dan nasrani wassalam allahuakbar…!!!!!

    Reply
  143. suparjan

    buat saya ,, saya percaya akan terjadi hari kiamat …entah itu kapan saya pun tidak tahu .
    kalau menurut komntar yang saya baca banyak orang hanya menjual nama Allah karena dia takut akan adanya hari itu.
    walaupun mereka berkata mereka hanya percaya pada Allah,tapi Allah tidak mungkin akan memberikan jawaban kepada mereka tanpa melalui pengutus dari Allah.

    Reply
  144. para

    percaya ga percaya itu tergantung kita sendiri tp jangan terlalu larut dalam isu kiamat sehingga kita menjadi orang yang berbeda…
    jalani aja hari ini dengan sebaik-baiknya,umur kita ga da yang tau sampai kapan….

    Reply
  145. jibril

    YANG BUAT DUNIA INI ADALAH MANUSIA-MANUSIA YANG MUNAFIK, MEMBENARKAN PERANG DAN PEMBUNUHAN DENGAN ALASAN AGAMA, JANGAN ENGKAU SALAHKAN TUHAN MU KARENA ITU AKIBAT PERBUATANMU.

    Reply
  146. nurjanah

    ah….aku gak tau
    pasrahin aja ma yang dia atas,berdoa yang banyak moga low beneran terjadi moga kita ….

    Reply
  147. FATIMAH smp bruder

    ITU BUKAN KIAMAT,SADAR SADAR
    KALAU KIAMAT ITU SEMUA MAMPUS NGAK ADA YANG HIDUP SEMUA BERSIH SEPERTI SOO,KLIN.
    KALAU ADA PUN LEBIH MENDEKATKAN DIRI SAMA TUHAN YME JAK!!!!

    Reply
  148. syhan

    kibuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuul !!!!!!! kga prcaya w !!!

    Reply
  149. vina

    Percaya atau tidak Percaya ????
    Tpi yang jelas kita harus bisa menghargai hidup ini dan memiliki sikap hati yang benar setiap hari, karena sesungguhnya kita tidak tahu kapan kiamat itu terjadi…

    Reply
  150. Nurul

    wdhh… klo pendapat gw , kiamt itu semua manusia dan isinya akn hancur , dan kita tidak bisa memprediksi kapan terjadinya?
    nabi muhmmad ajh gx tahu kejadiaanya apah?

    Reply
  151. susanto

    yang meramal 2012 bukan tuhan ………………….
    yang tahu akan datangnya kiamat hanya tuhan…………..
    marilah kita beribadah jangan percya ramalan itu…………..karena bohang semata……………..

    Reply
  152. ryan ghani

    agh aq magh gg percaya dgand hald yank sperty itu…
    aq hanya percaya kepada allah swt haya allah lagh yank tau segalanya….

    Reply
  153. sensei

    jika kmu percaya adanya allah atau tuhan mungkin kmu gak percaya ramalan itu, yang menciptakan dunia bukan manusia atau suku maya ato sejenisnya melainkan tuhan ( allah ) jika kmu percaya tu namanya musyrik

    Reply
  154. andy

    ass wr wb
    seberapa banyak sih pengetahuan atau ilmu manusia………..
    nggak ada apa2 nya ama ilmu ALLAH
    kalender…ramalan dll itu hanya manusia yang bikin
    kun…fayakun…….kalau ALLAH berkehendak….hari ini juga bisa kiamat koq
    itu aja ………….wasallam

    Reply
  155. hamba allah

    gw sih nggak terlalu percaya ma gitu2an karena itu hanya akan membuat orang menjadi musrik (ato mendahului kehendak allah swt) ada nggak suku maya dapat meramalkan kematian seseorang, itu aja nggak ada, apalagi meramalkan dunia akan kiamat mustahil,…..

    Reply
  156. restha

    aqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqq takut……………
    mogaaaaaaaaaaaaaaaaaaa gk terjadi ././,//,/.,.,/.,
    munggggggggkin tuhan udh capek melihat tingkah kita yang selalu menggggggggggggggggghancrkan bumi iniiiiiiiiiiii

    Reply
  157. suprianto

    Sebaiknya kita jangan terlalu percaya dengan isu semacam itu..
    hanya Allah SWT yang tau kapan datangnya kiamat..

    Reply
  158. yudis

    hmmm…
    itu semua adalah ayat2 kawuniah
    yang di berikan allah untuk kita berpikir…
    dan janganlah terlalu percaya kepada semua itu…
    cz nanti jadi nya musrik…
    cz nabi muhammad aj tidak di beritahu tentang kematian kecuali sedikit…. kita jalanin aj dulu… dan berpasrah kepada sang pencipta…

    Reply
  159. rudi

    suku maya sendiri yg dah lelah menghitung n buat calender. supaya selesai makanya di buat calendernya sampai 2012 aja kalo gak ya di buat terus menrus ya lelah toh…

    enjoy aja lagi , emang gua pikirin mau kiamat , mau armagedon yg penting happy

    Reply
  160. rajendra

    ya, memang kiamat sudah dekat tapi saya sangat tidak yakin kalau terjadi tahun 2012,tidak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi apalagi dari ramalan sangat tidak valid deh hasilnya, tapi tanda-tanda kiamat memang sudah ada salah satunya banyak sekali kerusakan di dunia ini baik kerusakan alam maupun kerusakan moral. kita hanya bisa menunggu saja semoga kita idak mengalami kiamat, karena pada saat kiamat datang mungkin kerusakan moral dan lingkungan sudah sangat2 dahsyat.

    Reply
  161. varel

    menurut saya antara kiamat dan tidak, itu hanya beda sedikit..
    yang terpenting, didalam hidup ini, kita harus berbenah diri di sepanjang waktu…

    Reply
  162. roy

    menurut q itu sah2 saja tentang terjadinya kiamat,karena kiamat pasti lambat laun akan terjadi, kalau di tanya itu kapan ya? kita manatau yg penting kita harus percaya hari itu akan datang.
    tentang pendapat suku maya kalau kiamat akan terjadi pada thn 2012 saya rasa itu bukan suatu yg mustahil karena bisa aja itu terjadi dan bisa juga tidak. sekarang kita hanya bisa menunggu aja kapan waktu itu akan terjadi.
    kalau memang itu terjadi itu memang kebetulan aja, dan jika itu tidak terjadi berarti kita ambil hikmanya aja karena itu semua kembali ke pada allah subahana wataallah.
    jadi kita jangan sampai terlarut2 dengan cerita akan terjadinya kiamat pada thn2012 yg sudah membuat geger orang2 di muka bumi ini.
    sekarang kita bisa lihat aja beberapa tahun ini kenapa selalu terjadi bencana di mana2,contohnya aja terjadi sunami di aceh dan beberapa tempat terkena dampaknya, juga terjadi gempa di sumatra barat banyak korbanya yg berjatuhan, ini semua kembali ke pada kita manusia yg menyebabkan itu terjadi, Kenapa manusia jawabannya ya? karena manusialah yg membuat ekosistem di bumi tidak karuan COntohnya aja penebangan hutan di mana2,asap pabrik dan limbahnya,sampah pelastik yg lama mengurainya, dan masih banyak lagi yg menyebabkan bumi yg kita cintai ini akan segera musnah?.
    jd janganlah kita menganggap hal yg sepele itu biasa tapi bagi mana kita membuat hal yg sepele itu bisa hilang agar tidak menjadi besar?
    Kenapa kita harus terlarut dengan kejadian yg belum tentu terjadi, sebaiknya kita harus bisa membuat hal yg belumterjadi itu dengan berbenah diri dengan cara memerangai folusi udara, tanah dan air agar bumi kita ini bisa kembali tersenyum?
    kalau lah memang akan ada tabrakan antara pelanet atau apa pun itu namanya itu semua kita serahkan aja pada yg kuasa yaitu allah subahana wataallah yg mengaturnya, kita manusia hanya bisa menerima semua itu.
    sekarang tinggal teman2 semua bagai mana mengurai semua kata2 ku ini agar bisa menjadi yg positif bagi kalia yg membacanya?

    Reply
  163. joko wahyanto umb

    Assalammualaikumwr wb
    kalau menurut saya semua yang hidup bakal mati. Tapi orangkan gak mingkin tahu kapan hal itu terjadi,meliputi 3 hal yaitu ajal,rezeki,jodoh.Semua yang bernyawa pasti MATI.Maka hidup satu kali mari kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin,karena semua yang kita perbuat bakal akan dimintai oertanggung jawaban diakhirat nanti. maka dari itu enggak usah kita pedulikan kapan akan terjadi hari kiamat.itu semua adalah rahasia ALLAH yang harus kita perhatikan adalah bekal apa yang akan kita bawa nanti untuk menghadap ALLAH. tapi semoga aja jangan kiamat dulu soalnya saya juga belum nikah…he he he he

    Reply
  164. op _Sky

    isu2 sudah berkembang tetapi tidak ada buktiny…!!!
    tidak ada penjelasan tentang kalender bangsa maya…!!!!
    setiap orang mempunyai kepercayaan…!!!
    begitu juga dengan aku…!!
    klop sudah ajal mw di bilang apa…!!!
    soal kiamat….?
    kiamat ada di tangan TUHAN

    Reply
  165. jimz

    jancvk!!!
    bikin orang tambah takut ae se!!!!
    ramalan kok dipercaya, percaya ntu ma ALLAH!!!!!
    ga usah kayak gini dong!!!! suku Maya kok dipercaya!!!!
    suku maya = Fuck!!!!

    Reply
  166. edo dwiyan

    Rajinlah beribadah.ingat pada yang maha kuasa.kita harus percaya bahwa kiamat akan datang,tapi tak ada satupun yang tahu kapan itu akn terjadi…Hwallahu a’lam

    Reply
  167. ayu julianti

    mzak mereka tau,,,tentang kiamat….????
    gak percaya gue…
    klo tau jam brp kiamatnya????
    serahin ajj am tuhan ….

    Reply
  168. priecca

    aku gak menyalahkan suku maya. mungkin itu menurut keyakinan mereka aja, karena kalender itu udah da turun temurun di kehidupan mereka. kalau kita gak percaya, ya gak usah nyalahin or musuhin mereka. mereka juga kan gak mau nyebarin gosib mengerikan biar kita ketakutan. kita aja yang udah denger,terus makin di sebar dan banyak yang percaya akan kiamat dan makin benci suku maya. sebagai manusia harus saling menghargai. meskipun berbeda keyakinan,tapi kita sama2 menuju Tuhan. Karena mereka pun punya keyakinan dan kepercayaan sendiri yang patut kita hargai. toh kita juga harus makin mendekatkan diri pada Tuhan. agar siap kapan pun itu terjadi. Jauh sebelum suku maya meramalkan dan tahun 2012 datang…

    Reply
  169. uus

    Wooow takuuuut, mengerikan….. qt sbg org yg beriman hrs prcya dg adanya rukun iman yg ke-lima yt yaumul qiyamah. tetapi yg namanya hari kiamat tu yg tahu hanyalah Allah SWT, tu adalah rahasia sang pencipta, dulu Rosul pernah di ty oleh salah satu seorang sahabat ttg yaumul qiyamah, dan beliau menjwb hanya Allahlah yg tahu ttg yaumul qiyamah.
    yang penting qt pertebal iman dan perbanyak ibadah, dan jgn lupa pula qt selalu ingat kepada-Nya.

    Reply
  170. Azis

    klo saya sih percaya dari hadist shahih sama al-quran aja..
    soal nya nabi muhammad saw menceritakan ke umat-umat nya karena nabi muhammad saw tau kalo yang akan mengalamai perang akhir zaman,datang nya al-mahdi. turun nya isa as dan kemuculan dajjal itu adalah umat umat nya..

    dan juga saya pernah ngebaca cerita dari hadist shahih tentang perang armagedon yang ngundang kemunculan nya isa as. al mahdi . dajjal dan menurut perkiraan peneliti hadist shahih . kejadian nya udah ga akan lama lagi tp Hwallahu a’lam kapan terjadi nya. ga ada yang seorang pun yang bisa ngeramalin kapan terjadi nya .

    trus sebelum perang armagedon tuh ada kejadian besar dulu sampai manusia ga bisa pake teknologi dan senjata2 yang modern jadi klo di sangkut pautin sama penelitian ilmuan sih nyambung juga..

    yaa tp serahin aja lah semua nya sama allah swt ^__^

    Reply
  171. jatmiko sapto nugroho

    Benar atau tidak ramalan suku maya itu, bagi aku penganut kepercayaan katolik, Seandainya kiamat itu datang aku sudah siap, sebab aku percaya kalau terjadi kiamat pasti Tuhan akan datang dahulu menyelamatkan aku dan mengajak aku ke Kerajaan Syurga seperti yang Ia janjikan sebagai orang percaya Kristus Tuhan.

    Reply
  172. dhiffa azzahra

    kalo saya sih serahin aja sama Allah SWT.kalo prediksi ilmu falak gini, no comment.soalnya kan udah harus siap kalo misalnya bener terjadi.cuma Allah yang tau ini.

    Reply
  173. dira

    insaf ja la zob bagi yang tidak sholat….
    pe jangan terlalu percaya tu semua kan cuma ramalan n prediksi beberapa ahli…………. bisa jadikan ALLAH berkata laen…………. pe tu mungkin da benarnya juga
    siap siap ja lah tuk semua yang terjadi pada tahun 2012

    Reply
  174. windu yuningsih

    jangan terlalu percaya ma tu semua………..
    pe jangan banyak2 tamba dosa ge,,,,,,,?????????
    insaf ja

    Reply
  175. NickArdana

    buat semua saudara2 ku, soal kiamat bener atau gakk, jangan terlalu dipikirkan…yang terPENTING wahai saudaraku semua !!!! mari tobat dan sadar akan perbuatan kita yang salah, mari saling menebarkan Kasih Sayang antar manusia dan ciptaanNya, INGAT!! Takwa kepada Tuhan, Jangan merusak Alam karena Alam adalah Ibu semua mahluk dan Jangan saling menyakiti…….Cheers.

    Reply
  176. renal

    kita hanya percaya kepada ALLAH S.W.T .sebagai muslim kita tak perlu takut ………….

    Reply
  177. IMAN

    semua …nya ..nih hidup di dunia ini hanyalah sementara saja….
    yg hrus kita lakukan itu adalah … berbuat lah kebaikan ….
    rajin beribadah …dan bncana dan sgla nya …. tdk ada yg tau hanya MAHA KUASA lah yg tau…

    kpn pun kjdian itu kita siap2 ga siap harus siap nerima nya …krna itu adaalah cobaan DARI YANG MAHA KUASA…

    SEMOGA … KITA DI LINDUNGI YANG MAHA KUASA ….AMIN…

    Reply
  178. STEFANUS ANDRIANTO

    AKU TIDAK TAKUT TUHAN YEUSQ
    ADA BERSERTAQ SEMUA KEHENDAK DIA MANUSIA TIDAK TAU APA2 TNTNG KIAMAT

    SEMUANYA HANYA TERGANTUNH PADA MANUSIANYA

    MANGKANYA MULAI SEKARANG BERBUATLAH BAIK

    JAUHI LARANGANNYA TAAT’I PERINTAHBYA

    GBU ALL

    Reply
    1. djemi

      yah..mereka sama seperti diperjanjian lama,waktu zaman nabi nuh..tdk mempersiapkan diri..tp kerjanya cuma mengolok olok,mencaci maki, tidak percaya..dll,waktunya sudah dekat saudara..dekatkan diri anda lebih dekat dgn Tuhan Yesus..yg menjanjikan keselamatan umat manusia..terserah semuanya berada ditangan anda..sy tdk punya andil atau kuasa utk mengubah hidup anda..mulailah detik ini..masih ada kesempatan utk bertobat..walau anda merasa tdk bersalah..merasa sudah beramal,sudah berbuat baik,dll…tp ada satu..andallkan Tuhan Yesus ….sekali laggi…Tuhan Yesus…

      Reply
  179. rama sanjaya bmbc

    tanda-tanda kiamat telah banyak timbul di muka bumi ini,,
    apa yang di ramalkan oleh suku maya jangan di jadikan kepercayaan karena termasuk bentuk dari syirik,,.
    akan tetapi jadikan landasan untuk merubah manusia di muka bumi ini yang taktakut akan dosa,,,.

    Reply
  180. aldi kerenz redzthezevile

    shrusnya kta tda prcya kpda rmlan dtang n hri kiamat…..
    krna yg tw hri kiamat hanyalah ALLAH.SWT ………

    Reply
  181. aida bahrie

    Ga tau….jalann za hidup ini dengan sewajarnya….klo mikirin hal yg ga pasti nanti pusing +takut sendiri..

    Reply
  182. rizal nadja

    ass..alaikum
    segala yg namanya hidup pasti akan mati jadi tdk usah takut bro jodoh, ajal,rejeki,takdir itu semua sd diatur allah swt sejak kita dilahirkan kedunia ini kalau allah menghendaki hari ini bisa terjadi .

    Reply
  183. Jerk Dwi Setyawan

    kelihatan resah sekali manusia sekarang. kelihatannya pada takut ama kematian. pikirin dosa2 kita semua……, udah cukupkah bakti kita kepada Allah SWT. hanya ibadah dan amalan kepada Allah yang mampu menyelamatkan dan membuat hati kita tenang sekalipun kematian atau kiamat kecil dan bahkan kiamat kubro menghampiri kita semua……..Hanya Allah SWT yang berkehendak atas semua itu. ramalan suku maya…………….ahhhh……….biarin ajalah…….bicara aja, mereka bangsa d u k u n……….bukan penganut agama samawi…………masyaallah……………………………………

    Reply
    1. Jerk Dwi Setyawan

      kelihatan resah sekali manusia sekarang. kelihatannya pada takut ama kematian. pikirin dosa2 kita semua……, udah cukupkah bakti kita kepada Allah SWT. hanya ibadah dan amalan kepada Allah yang mampu menyelamatkan dan membuat hati kita tenang sekalipun kematian atau kiamat kecil dan bahkan kiamat kubro menghampiri kita semua……..Hanya Allah SWT yang berkehendak atas semua itu. ramalan suku maya…………….ahhhh……….biarin ajalah…….bicara, mereka bangsa d u k u n……….bukan penganut agama samawi…………masyaallah……………………………………

      Reply
  184. hmba allah

    lbh ssusahny smpe repot bikin kapsul pnyelamt yg bs brthn smpe 3 bln..dan smpe simpan mknan,,klo dah wktunya hri ni mau smbunyi dn dngn berbagai mcm cara tuk slmatkn diri km gk bkln bsa terhndar dari ahir jaman.cma orng yg bnyk dosa yg hdapi smua itu.kematian aja gk bsa diramalkn mlh kiamat dibahas.

    Reply
  185. Utara

    Nabi Besar Muhammad SAW bahkan para malaikat Allah SWT pun tidak mengetahui kapan terjadinya Hari Akhir Dunia (KIAMAT). renungkanlah !!!

    Reply

Leave a comment