Dari OSN PKLK 2012 : “Skor Nol Bertahan lama”


Peserta SDLB/Inklusif kesulitan menjawab soal babak semifinal cerdas cermat MIPA yang berlangsung di ruang Tabanan, Hotel Sanur Paradise Selasa kemarin, (4/9). Beberapa peserta bertahan dengan skor nol hingga waktu menjawab soal wajib berakhir.

Materi soal yang dikeluarkan oleh team OSN memiliki tingkat kesulitan diatas kemampuan peserta yang merupakan siswa Tunanetra. Soal-soal tersebut menuntut trik-trik khusus untuk mempercepat pengerjaannya. Dalam soal matematika, setiap item memerlukan penyelesaian dalam beberapa tingkat/proses sehingga peserta kurang mampu menyelesaikannya dengan cepat dan tepat dalam waktu empat puluh lima (45) detik.

Siswa tuna netra biasanya dilatih mengerjakan soal-soal tidak lebih dari dua tingkat. Guru jarang memberikan jalan singkat atau trik khusus model “bimbel” bagi siswa karena mereka (tuna netra) tidak membutuhkan kedalaman materi seperti halnya siswa sekolah umum dalam persiapan UMPTN. Siswa lebih mementingkan pemahaman prinsip pengerjaan dibandingkan jalan singkat dan itupun butuh waktu lama dalam pembelajarannya. Menjadi tugas yang tidak mudah bagi guru SLB ketika juga faktor psikologis (cepat bosan) siswa harus diperhatikan dalam kegiatan belajar sehingga mereka harus “all out” dalam bekerja.

Seperti dikatakan oleh seorang guru SLB yang namanya tidak disebutkan bahwa sebagai pendidik, adalah salah jika mengkerdilkan kemampuan siswa Tuna Netra atau men-generalisasi setiap siswa memiliki label kemampuan yang sama. Namun faktanya dalam lomba, siswa terbaikpun mengalami kesulitan dalam memperoleh kualitas skor yang bagus. Seorang guru yang baik tidak akan membuat siswanya untuk menjadi guru seperti dirinya, namun guru yang baik akan mendidik siswanya untuk menjadi individu dengan jati dirinya sendiri.

Kegiatan lomba cerdas cermat semifinal ini berlanjut sampai istirahat santap siang dan dilanjutkan kembali dalam babak final untuk menentukan siswa-siswa SLB terbaik dalam bidang sains.

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s