Olimpiade Sains Nasional XI PKLK Dikdas Digelar Di Bali


Wamendikbud, H. Musliar Kasim, membuka secara resmi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Hotel Sanur Paradise Bali, Minggu (2/9). Sebanyak 264 peserta dari 33 Provinsi se-Indonesia berlomba menunjukkan prestasinya dalam bidang sains tingkat Nasional.

Kegiatan OSN diharapkan menjadi wahana membentuk generasi muda yang selalu mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Generasi yang berkepribadian, kokoh, kompetitif dan mandiri.

Dalam laporannya, Dirjen Pendidikan Dasar menyatakan bahwa OSN PKLK Dikdas Tahun 2012 bertujuan meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA, TI dan Kewirausahaan bagi peserta berkebutuhan khusus pada jenjang SDLB, SD Inklusi, SMPLB dan SMP Inklusi. Kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 2 s/d 6 September 2012 dan terbagi menjadi delapan kategori perlombaan.

Di sela pembukaan OSN XI ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan penghargaan Pendidikan Inklusi ( Inclusive Education Award ) kepada beberapa orang yang sangat berjasa dalam pendidikan inklusif di Indonesia.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo adalah dua orang gubernur yang menerima penghargaan Inclusive Education Award tahun ini. Tujuh wali kota dan bupati, tiga rektor universitas, empat guru dan kepala sekolah serta empat individu yang fokus kepada pendidikan inklusif juga menerima penghargaan yang serupa. Para penerima penghargaan selengkapnya sebagai berikut : (Klik disini)

“Kami mendapat penghargaan dari US Government pada bidang Pendidikan dan Kesehatan. Jadi kami sangat mendukung program-program pemerintah khususnya pada bidang Pendidikan Khusus dan Inklusi” tegas Ketua Forum Gubernur se-Sumatera, Alex Noerdin.

Acara ini turut dimeriahkan oleh pagelaran kesenian siswa SLB Pembina Jimbaran Bali yang membawakan lima jenis tarian daerah di Indonesia. Siswa-siswa ini dengan piawai membawakan Tari Garuda Wisnu dari daerah Bali.

Diakhir acara, Wamendikbud menuliskan pesan bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang bunyinya : “Anda adalah orang pilihan, maka jangan ragu, semua orang akan memberikan perhatian pada anda termasuk Kemdikbud”.(Pnd)

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s