VANtheyologist

Give freedom our Opinions..

Kebersamaan Anak-Anak Merayakan HUT RI Ke-67


HUT Kemerdekaan RI ke-67 pada tanggal 17 Agustus 2012 yang jatuh pada hari Jumat, tepat dua hari sebelum Lebaran, bukan hanya diselenggarakan secara protokoler oleh Pemerintah saja. Anak-anak di kampung dan di pelosok gang-gang sempit kota besar dengan semangat kebersamaan merayakannya dengan lomba-lomba kecil penuh kemeriahan.

Tema HUT RI kali ini adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Hal ini mencerminkan sikap kebersamaan Bangsa Indonesia sebagai prioritas dalam membangun bangsa, sekaligus bersama-sama secara adil dan merata memperoleh hasil-hasil pembangunan. “Bersatu dalam berbagai warna”.

Warga yang tinggal di jalan Tukad Banyupoh Gang IX Denpasar, Bali, tergolong heterogen yang terdiri dari Hindu dan Muslim. Namun sikap toleransi dan kebersamaan selalu terjaga dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempersiapkan perlombaan anak-anak, dari sehari sebelumnya, kaum ibu-ibu secara swadaya membeli segala keperluan lomba.

Kegiatan lomba sebenarnya dimaksudkan untuk mempererat tali persatuan warga yang dinikmati oleh anak-anak sebagai sebuah bentuk pendidikan karakter. Di tengah situasi bangsa dengan kemerosotan moral oleh isu SARA dan politik, anak-anak seyogyanya dipertontonkan sikap-sikap toleransi sejak dini, kebersamaan dalam perbedaan warna, karena dengan persatuan dan kebersamaanlah kemerdekaan dapat diraih oleh para pejuang dahulu.

Dengan gegap gempita anak-anak mengikuti kegiatan lomba. Mulai lomba makan kerupuk, memasukkan paku dalam botol, lari kelompok sampai lomba memangku balon dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-67. Bagi anak-anak, kalah menang bukanlah persoalan. Yang terpenting adalah generasi muda saat ini menyadari bahwa kemerdekaan ini harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berguna bagi nusa dan bangsa.

***

About these ads

17 August 2012 - Posted by | Bali | , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: